Analisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haniv, Dela Diva (2024) Analisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar. Undergraduate thesis, U.

[img] Text
Dela Diva Haniv_06020420023 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dela Diva Haniv_06020420023 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2027.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam Kurikulum 2013 dimaknai sebagai suatu keterampilan wajib bagi siswa dikarenakan merupakan subjek yang mempunyai kemampuan aktif untuk menggali, memproses, membangun, serta memakai pengetahuan. Sedangkan Kemampuan pemecahan masalah dalam perspektif kurikulum merdeka merupakan suatu metode pilihan yang dinilai efektif dipakai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mix method. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX SMP N 1 Krembung dan pada Kelas IX MTs N 4 Sidoarjo yang terdiri dari dua belas siswa dari masing-masing sekolah. Dua belas siswa tersebut terdiri dari empat siswa berkemampuan tinggi, empat siswa berkemampuan sedang, dan empat siswa berkemampuan rendah. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan nilai rapor matematika siswa semester gasal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 3 soal uraian dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran berbasis kurikulum merdeka lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran ebrbasis kurikulum 2013. Hal tersebut dibuktikan dengan kelima indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran kurikulum merdeka lebih unggul dalam memenuhi kelima indikator tersebut dibandingkan dengan kurikulum 2013. Meskipun ada beberapa siswa yang kurang mampu untuk memenuhi indikator-indikator tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haniv, Dela Divadeladivahani2002@gmail.com06020420023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Kurikulum
Matematika
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Kurikulum 2013; Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dela Diva Haniv
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:45
Last Modified: 02 Oct 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73950

Actions (login required)

View Item View Item