This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laila, Uzlifatul (2016) Peningkatan kemampuan melafalkan Huruf Hijaiyah melalui media Kartu Huruf pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Uzlifatul Laila_D97212112 ok.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah Karena penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa hanya mampu menghafal huruf hijaiyah tetapi tidak melafalkannya secara fasih sesuai dengan kaidah makharijul huruf. Pelafalan siswa juga tidak dikoreksi secara individu dengan memperhatikan makharijul huruf yang benar. Dari 22 orang siswa hanya 8 siswa yang berhasil dan 14 siswa yang masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata 68.18, sedangkan kriteria nilai ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Untuk meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah tersebut, peneliti mengambil tindakan melalui media Kartu Huruf yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran Kartu Huruf untuk meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qufan Hadits di MI Muhammadiyah 23 surabaya? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah siswa kelas l MI Muhammadiyah 23 Surabaya dengan menggunakan media Kartu Huruf? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model PTK yang digunalcan adalah model Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran melafalkan huruf hijaiyah dengan menggunakan media Kartu Huruf berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan ditiap siklusnya. Setelah dilakukan penclitian, diketahui pada siklus I perolehan skor aktivitas guru adalah 74 yang meningkat menjadi 90.5 pada siklus II. Dan untuk aktivitas siswa juga mcningkat dari perolchan skor 69 pada siklus I menjadi 80.43 pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan melafalkan huruf hijaiyah, pada siklus I diperoleh prosentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 50% yang meningkat menjadi 90.9% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||
Keywords: | Media Kartu Huruf; kemampuan melafalkan Huruf Hijaiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:00 | ||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:00 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73960 |
Actions (login required)
View Item |