bauran pemasaran bisnis syariah makanan halal dalam upaya meningkatkan volume penjualan: studi kasus usaha Seblak Endes Bandung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Wardatul (2023) bauran pemasaran bisnis syariah makanan halal dalam upaya meningkatkan volume penjualan: studi kasus usaha Seblak Endes Bandung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wardatul Hasanah_G94217214 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wardatul Hasanah_G94217214 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2027.

Download (2MB)

Abstract

Bauran pemasaran merupakan kumpulan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan. Dalam Bauran pemasaran terdiri 4 elemen konsep pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Dengan melakukan pemasaran menggunakan 4 elemen tersebut dapat mempermudah suatu perusahaan untuk mencapai target volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bauran pemasaran yang diterapkan pada usaha Seblak Endes Bandung untuk meningkatkan volume penjualan yang disesuaikan denga prinsip-prinsip bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada produksi perusahaan, wawancara terhadap pemilik usaha Seblak Endes Bandung, beberapa konsumen dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh selanjutnya dianalisis berdasarkan teknik analisis data yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa usaha Seblak Endes Bandung menerapkan bauran pemasarannnya yaitu produk, harga, promosi, dan tempat untuk meningkatkan volume penjualannya sesuai dengan prinsip bisnis syariah, yaitu prinsip kesatuan/tauhid owner Seblak Endes Bandung percaya bahwa Allah SWT telah mengatur rezeki setiap manusia dengan cara yang berbeda-beda, prinsip keseimbangan/keadilan tidak melakukan kecurangan dalam memproduksi produk, prinsip kehendak bebas tidak ada unsur pemaksaan dalam transaksi jual beli di Seblak Endes Bandung , pertanggung jawaban , dan prinsip kejujuran tidak berlebihan dalam melakukan promosi. Dari hasil penelitian diatas, peneliti meberikan saran kepada usaha Seblak Endes Bandung untuk tetap mempertahankan strategi pemasarannya dan sesuaikan dengan prinsip-prinsip pemasaran bisnis syariah supaya kegiatan yang dilakukan mendapatkan keberkahan dan mendatangkan kemaslahatan bagi owner, karyawan, dan para pelanggannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Wardatulwardahhasanah712@gmail.comG94217214
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsa.ac.id201603311
Subjects: Ekonomi Islam
Perusahaan Perdagangan
Keywords: Bauran Pemasaran; Prinsip-Prinsip Bisnis Syariah; Volume Penjualan; Seblak Endes Bandung
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wardatul Hasanah
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:32
Last Modified: 11 Oct 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73995

Actions (login required)

View Item View Item