Pengembangan buku pembelajaran bahasa Arab untuk pelajaran tambahan dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa di ma’had Aly Namira lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Ahmad (2022) Pengembangan buku pembelajaran bahasa Arab untuk pelajaran tambahan dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa di ma’had Aly Namira lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Afandi_02040920003.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Ahmad Afandi_02040920003_ Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 October 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menyiapkan bahan ajar dalam meningkatkan keterampilan berbahasa , Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Aly Namira Namun di lembaga ini, tingkat kesadaran siswa terhadap pelajaran berbeda-beda, terutama dalam bahasa Arab, ada yang lebih unggul dari yang lain, ada yang sedang, dan ada yang membutuhkan bantuan tambahan di luar kelas. Adapun rumusan masalah pada tesid ini yaitu : 1) bagaimana penyiapan materi bahan ajar Bahasa Arab untuk kelas tambahan?, 2). Bagaimana penerapan bahan ajar dalam pengembangan keterampilan Bahasa?, 3). Bagaimana pengaruh bahan ajar dalm pengembangan keterampilan Bahasa ?. Adapun metode penelitiannya adalah metode pengembangan untuk menganalisis dan menjelaskan data dan hasil efektivitas penggunaan buku pendidikan Penelitian dilakukan dengan desain pre dan post test. Adapun hasil penelitian, penyusunan buku tambahan dalam pengajaran bahasa Arab di Institut Tinggi Namira untuk studi tambahan dipersiapkan dengan baik oleh peneliti, karena buku tambahan melalui banyak desain, arbitrase, koreksi, modifikasi, kemudian pengalaman lapangan, dan terakhir produksi akhir, yaitu buku tambahan. Buku tambahan untuk pengembangan empat keterampilan di ma’had aly Namira Lamongan sudah baik, karena hasil siswa setelah mengajar buku lebih tinggi dari sebelum mengajarkanya, dan itu karena rata-rata hasil siswa pada pre-test adalah 67,8125%, dan saat post test persentasenya 89,625%. Demikian juga jumlah “t hitung” lebih besar dari jumlah “t tabel”, yaitu 9,156. Bergantung pada hasil yang diperoleh siswa dalam pre dan post test, hasil (t-test), dan hasil kuesioner, ditemukan bahwa buku tambahan dirancang untuk mengembangkan empat keterampilan bahasa di Namira Higher Institute. Lamongan efektif. Ini memiliki efek positif pada pengembangan keterampilan bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Ahmadazzamsyuhada06@gmail.com02040920003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisornasaruddin, nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Thesis advisoryusuf, kamalkamalyusuf@uinsa.ac.id2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Pesantren
Keywords: Belajar tambahan; pendidikan; Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ahmad afandi
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:09
Last Modified: 09 Oct 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73999

Actions (login required)

View Item View Item