This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Andini, Fadilah Putri (2024) Analisis kesalahan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal tipe akmi mengacu pada teori nolting dan pemberian umpan balik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fadilah Putri Andini_06010420006.pdf Download (2MB) |
|
Text
Fadilah Putri Andini_06010420006_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2027. Download (2MB) |
Abstract
Kesalahan penalaran matematis adalah kesalahan yang dilakukan siswa dalam membuat dugaan, menemukan pola untuk membuat generalisasi, dan menarik kesimpulan atau memeriksa kembali penyelesaian masalah. Dalam meminimalisir kesalahan penalaran matematis sangatlah penting dilakukan umpan balik kepada siswa terhadap kesalahan yang dilakukannya, agar dapat memberikan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan penalaran matematis siswa beserta faktor penyebabnya dengan pemberian umpan balik dalam menyelesaikan soal tipe AKMI yang mengacu pada Teori Nolting. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga subjek penelitian di kelas VIII-A MTsN 1 Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kesalahan penalaran matematis dan wawancara. Kemudian dianalisis berdasarkan indikator kesalahan teori Nolting, dan diberi umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan jenis pertama yaitu kesalahan membaca petunjuk (misread direction errors) yang disebabkan oleh siswa tidak membaca petunjuk soal dengan baik, siswa terburu-buru, dan siswa lupa. Kesalahan jenis kedua yaitu kesalahan pengerjaan tes (test tasking errors) disebabkan oleh siswa tidak membaca petunjuk dengan baik, siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal, dan siswa tidak terbiasa membuat kalimat kesimpulan dari hasil akhir. Umpan balik yang diberikan dalam mengatasi kesalahan jenis pertama dan kedua adalah umpan balik segera dengan perlakuan siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki. Kesalahan jenis ketiga yaitu kesalahan kecerobohan (careless errors) yang disebabkan oleh siswa lupa simbol yang akan digunakan. Kesalahan jenis keempat yaitu kesalahan penerapan (application errors) yang disebabkan oleh siswa hanya tahu rumus namun tidak bisa menerapkannya ke dalam soal. Umpan balik yang diberikan dalam mengatasi kesalahan jenis ketiga dan keempat adalah umpan balik segera dengan perlakuan jawaban tes diberi tanda salah dan diberi petunjuk kebenaran. Kesalahan jenis kelima yaitu kesalahan konsep (concept errors) yang disebabkan oleh siswa tidak faham dengan gambar yang terdapat dalam soal dan tidak ada persiapan untuk mengerjakan tes. Dan kesalahan jenis keenam yaitu kesalahan belajar (study errors) yang disebabkan oleh siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Umpan balik yang diberikan dalam mengatasi kesalahan jenis kelima dan keenam adalah umpan balik tertunda dengan perlakuan memberikan penjelasan lebih lanjut dan siswa dituntut untuk memperbaiki kesalahannya berdasarkan penjelasan yang diberikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Kesalahan penalaran matematis; umpan balik; teori nolting | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Fadilah Putri Andini | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:16 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74001 |
Actions (login required)
View Item |