This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Thufailah, Sausan (2024) فعالية استخدام نموذج التعلم التعاوني two stay two stray لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٢ سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sausan Thufailah_06040220093 full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 October 2027. Download (2MB) |
|
Text
Sausan Thufailah_06040220093.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Kalam Siswa Kelas VIII MTsN Sidoarjo”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1- Untuk mengetahui maharah kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray. 2- Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo. 3- Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental pretest posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Paired Sample Test dengan bantuan IBM SPSS 29. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1- keterampilan kalam siswa sebelum perlakuan yang dapat diketahui dari hasil pre-test yakni memperoleh rata-rata 63,13 dengan siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM cukup banyak. 2- Penggunaan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dilakukan dengan pesrta didik yaitu membagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing terdiri dari 4 peserta didik. Setelah itu, 2 peserta didik dari setiap kelompok dipindahkan ke kelompok lain, kemudian 2 peserta didik yang dipindahkan dari setiap kelompok diminta untuk mencari ide pokok atau informasi dari kelompok lain. Peserta didik mengamati dan berdiskusi bersama teman kelompoknya, Setelah mengamati dan berdiskusi, 2 peserta didik kembali ke kelompoknya masing-masing dan peserta didik di minta untuk berbicara mengenai bacaan yang sudah di diskusikan. 3-Penggunaan model pembelajaran kooperatif Two stay Two stray terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan kalam siswa karena nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dan siswa yang memperoleh nilai melebihi KKM lebih banyak. Dan setelah dilakukan uji Paired Sample Test untuk maharah kalam diperoleh hasil taraf signifikansi < 0,05, yaitu (0.001 < 0,05). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model kooperatif two stay two stray; maharah kalam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Sausan Thufailah | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74062 |
Actions (login required)
View Item |