This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Halimatussa’diyah, Halimatussa’diyah (2022) Pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam berbasis pendidikan perdamaian untuk mengatasi perundungan di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Halimatus Sa'diyah_F53119035 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Halimatus Sa'diyah_F53119035 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 October 2027. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena perundungan di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Bahan ajar PAI yang digunakan di sekolah sebelumnya masih belum bisa menyentuh aspek pengalaman dan pengamalan mental spiritual peserta didik. Problematika tersebut menjadi kegelisahan akademik peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan bahan ajar PAI berbasis perdamaian di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai perdamaian dalam buku PAI di SD, mendesain, mengembangkan dan menguji efektifitas bahan ajar PAI berbasis perdamaian untuk mengatasi perundungan di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develope, dan Desiminate). Penelitian ini menggunakan metode campuran dalam analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dikembangkan dari data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji ANOVA One-way. Hasil temuannya adalah bahwa buku PAI yang digunakan di sekolah dasar sebelumnya masih sederhana, nilai-nilai pendidikan perdamaian belum tertulis secara eksplisit dalam buku ajar. Desain bahan ajar mengacu kepada Permendikbud No.8 tahun 2016 dan silabus kelas IV SD semester dua. Pengembangan bahan ajar PAI berbasis perdamaian mengadaptasi model 4D. Semua tahapan itu dilalui dengan baik dan divalidasi oleh tim ahli. Hasil analisis deskriptif penilaian dari tim ahli menunjukkan bahwa bahan ajar PAI berbasis perdamaian tergolong sangat valid. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pree-test dan post-test dalam penggunakan bahan ajar dengan metode STAD dan belajar mandiri. Temuan ini menguatkan teori perdamaian Gus Dur dan John Dewey bahwa pendidikan harus mengedepankan nilai-nilai toleransi, demokrasi dan etika keagamaan yang dapat dikembangkan
dalam metode dialog agar peserta didik mampu menghargai orang lain dan tidak melakukan perundungan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Perdamaian |
||||||||||||
Keywords: | Pendidikan Perdamaian; Bahan ajar PAI; Perundungan. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Halimatus Matus Sa'diyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2024 07:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74069 |
Actions (login required)
View Item |