Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mempersiapkan anak ke jenjang sekolah formal, di Play Group KH. A. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidatuzzulfah, Afidatuzzulfah (2008) Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mempersiapkan anak ke jenjang sekolah formal, di Play Group KH. A. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afidatuzzulfah_D03304027 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (I) Apa saja program PAUD, (2) Bagaimana upaya mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Formal dan (3) Bagaimana program PAUD di Play Group KH. A. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan dalam mempersiapkan anak ke jenjang Sckolah Formal. Penelitian ini merupalcan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode yaitu; (I) interview, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Hal ini dilakukan agar dapat memperoleh data yang valid dan representatif schingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang memfokuskan pada penunjukan malcna, menjelaskan dan menempatkan data pada konteksnya masing-masing dan manikiskannya dalarn bentuk kata-kata, data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menycderhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Dari hasil penelitian yang dilalcukan oleh penulis diperoleh data bahwa Program PAUD antara lain; pendidikan keluarga, tempat penitipan anak, play group, TK, TKA, TPA, SD, pusat pengembangan anak yang terintegrasi, pusat kesehatan atau gizi, pendidikan ibu dan anak, prograrn dari anak untuk anak dan pelayanan melalui media massa. Upaya mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Fornaal antara lain; dengan mempersiapkan personal, sosial dan akademik anak. Program PAUD di Play Group KH. A. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan dalarn mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Formal, yaitu; pemeriksaan kesehatan, bermain, bercerita, bemyanyi, outbound dan BCCT (sentra lingkungan), pembelajaran dengan media TV dan CD anak-anak, gambar dan APE, pendalaman materi pembelajaran yang meliputi beberapa aspek; agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, sosial emosional, seni dan keterampilan hidup, pengenalan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, pengenalan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, bakti sosial, Kunjungan rumahfkarya wisata, Mengikuti pameran karya anak, Informasi Pemantauan oleh Guru dan Orang tua (IPGO), mengikuti kegiatan Hari Besar Islam dan Nasional dengan tujuan untuk mengasah keberanian, sosialisasi dan pengenalan pada masyarakat. Melihat dari beberapa data yang terlampir, program Play Group KH. A. Wahid I lasyim dalarn mempersiapkan anak ke jenjang Sekolah Formal sudah cukup efektif dan bcrhasil dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidatuzzulfah, AfidatuzzulfahUNSPECIFIEDD03304027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNofijantie, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini; sekolah formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 06:42
Last Modified: 11 Oct 2024 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74072

Actions (login required)

View Item View Item