Pengembangan modul ajar matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Indah Dwi (2024) Pengembangan modul ajar matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Dwi Lestari_D74217086.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Indah Dwi Lestari_D74217086_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 October 2027.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul ajar matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran 4D yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan). Objek penelitian ini terdiri dari 17 siswa kelas VIII C di SMP Plus Al-Hadi. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu field note, validasi ahli, angket respons siswa, angket kepraktisan guru, tugas LKPD dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis proses pengembangan, analisis kevalidan modul ajar, analisis kepraktisan modul ajar, dan analisis keefektifan modul ajar. Hasil analisis data diperoleh informasi pada fase define (pendefinisian) didapatkan informasi bahwa pembelajaran masih berpusat pada buku dan memiliki literasi matematis yang rendah. Pada fase design (perancangan) dilakukan perancangan awal modul ajar matematika berbasis PBL untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa. Pada fase develop (pengembangan) rancangan modul ajar matematika yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dengan 3 validator. Hasil validasi didapat nilai rata-rata kevalidan modul ajar sebesar 4.54 dalam kriteria “sangat valid”. Modul ajar dalam kategori “praktis” dengan rata-rata kepraktisan guru 83.75% dengan kategori sangat baik dan ratarata respons siswa 83.8% dengan kategori sangat baik. Modul ajar matematika berbasis PBL untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa dalam kategori “efektif” dengan hasil LKPD untuk melatih kemampuan literasi matematis siswa dengan 4 siswa kategori tinggi, 11 siswa kategori sedang, 2 siswa kategori rendah dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran pada pertemuan pertama memperoleh rata-rata 81.25% dan pada pertemuan kedua memperoleh rata-rata 81.25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Indah Dwilesatariindah.dwi151@gmail.comD74217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Modul ajar; problem based learning (PBL); literasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Indah Dwi Lestari
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:35
Last Modified: 18 Oct 2024 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74131

Actions (login required)

View Item View Item