This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putra, Ilyas Arma (2024) Pengaruh brand image, celebrity endorser, dan electronic word of mouth terhadap online purchase decision sepatu ventela dengan intention to buy sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ilyas Arma Putra_G93219073.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilyas Arma Putra_G93219073_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2027. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Online Purchase Decision Sepatu Ventela Dengan Intention to Buy Sebagai Variabel Mediasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Online Purchase Decision Sepatu Ventela Dengan Intention to Buy Sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif yang menggunakan hubungan kausal. Penelitian asosiatif kausal merupakan jenis penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Instagram pada 200 responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, peran variabel mediasi dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara partial mediation, yang mana berdasarkan uji sobel menunjukkan bahwa variabel brand image, dan Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela yang dimediasi oleh minat beli. Sedangkan variabel mediasi dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara full mediation, yang mana berdasarkan hasil uji tes pada Smart-PLS menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dan pada hasil uji sobel variabel mediasi dalam penelitian ini yaitu minat beli mampu memediasi pengaruh secara tidak langsung celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan agar dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan brand image Ventela, meningkatkan kualitas dari celebrity endorser, dan memperhatikan saran dan keluhan konsumen yang ada pada fitur komentar di Instagram agar dapat meningkatkan minat beli konsumen dan berakhir pada keputusan pembelian.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen | ||||||||||||
Keywords: | Brand image; celebrity endorser; electronic word of mouth; online purchase decision; ventela | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | Ilyas Arma Putra | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:51 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74159 |
Actions (login required)
View Item |