This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sahudi, Sahudi (2009) IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTs. NAHDLATUL UMMAH KETAPANGLOR, UJUNGPANGKAH, GRESIK, JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha pengembangan potensi individu agar mampu mandiri dalam kehidupannya. Dalam pendidikan, masing-masing individu harus mengalami perkembangan dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam penelitian ini penulis mengangkat tema tentang asesmen autentik portofolio yang dipandang mampu mengcover tiga rana kemampuan masing-masing siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Nahdlatul Ummah Ketapanglor, Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur yaitu sebuah lembaga pendidikan menengah tingkat pertama yang berada di desa Ketapanglor, Kecamatan Ujung pangkah, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur.
Dalam menjawab persoalan dalam tesis ini, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan alasan bahwa fakta (catatan lapangan) atau data yang diperoleh secara lisan dan tulisan dari sumber data diamati kemudian di deskripsikan sesuai dengan aslinya kemudian dikaji. Hasil penelitian dalam tesis ini adalah data deskriptif.
Adapun hasil penelitian tesis ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.asesmen autentik portofolio pada pembelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs. Nahdlatul Ummah Ketapanglor, Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran yaitu metode problem posing, TGT (Team Game Tournament), demonstrasi, praktek, diskusi, dan tanya jawab.
2.Kelebihan dari implementasi asesmen autentik portofolio antara lain:
a.Siswa mempunyai pengetahuan baru tentang portofolio dan aplikasinya.
b.Perkembangan siswa dapat terdokumentasi.
c.Dapat mengumpulkan dan menyajikan bukti tentang apa yang telah dikuasai siswa.
3.Kekurangan dari implementasi asesmen autentik portofolio adalah:
a.Tingkat keaktifan siswa selama proses pembelajaran fikih masih kurang.
b.Masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam membuat rangkuman hasil diskusi, mengisi jurnal dan refleksi diri akhir pokok bahasan.
c.Mereka seringkali tidak mengumpulkan tugas tepat waktu.
4.Hasil implementasi asesmena autentik pada pembelajaran fikih:
a.Dapat meningkatkan pemahaman fikih.
b.Dapat meningkatkan dan melatih kemandirian.
c.Dapat meningkatkan Aktivitas belajar.
d.Dapat meningkatkan keterampilan.
e.Para siswa dapat mencatat, merekam prestasi dan kemajuan yang mereka capai untuk menilai diri sendiri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Filsafat Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PORTOFOLIO | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2015 06:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7419 |
Actions (login required)
View Item |