Pengaruh metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Qur'an juz 30 di TPQ al-Mukhlisin Desa Dlanggu Deket Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muntafi'ah, Salimatus (2024) Pengaruh metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Qur'an juz 30 di TPQ al-Mukhlisin Desa Dlanggu Deket Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salimatus Muntafi'ah_06040120104 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Salimatus Muntafi'ah_06040120104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode talaqqi adalah metode yang digunakan dalam menghafal al-Qur’an. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh implementasi metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an juz 30. Penelitian ini mengkaji beberapa masalah, yakni: (1) Implementasi metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an juz 30 di TPQ Al-Mukhlisin Desa Dlanggu Deket Lamongan. (2) Level kemampuan menghafal qur’an terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an juz 30 di TPQ Al-Mukhlisin Desa Dlanggu Deket Lamongan. (3) Pengaruh metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an juz 30 di TPQ Al-Mukhlisin Desa Dlanggu Deket Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan field research. Data yang terkumpul berbentuk angket/kuesioner dan tes untuk mengukur kemampuan menghafal al-Qur’an juz 30 peserta didik yakni tes hafalan surat al-Buruuj. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah uji regresi linear sederhana untuk mengukur seberapa besar pengaruh metode talaqqi terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an juz 30. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Implementasi metode talaqqi berhasil dilaksanakan dengan baik yakni berada pada kategori sedang sebesar 43.8% (2) Implementasi metode talaqqi dalam menghafal al-Qur’an dapat meningkatkan peserta didik dalam hafalan terutama dalam kelancaran hafalan, ketepatan makhorijul huruf, dan ketepatan tajwid dengan perolehan nilai rata-rata pada kategori sedang sebesar 43.8%. (3) Implementasi metode talaqqi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an juz 30 peserta didik di TPQ Al-Mukhlisin Desa Dlanggu Deket Lamongan. Hasil analisis regresi linear sederhana berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 90,9% variasi dalam variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Talaqqi, Peningkatan Hafalan Al-Qur’an

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muntafi'ah, Salimatus06040120104@student.uinsby.ac.id06040120104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Metode talaqqi; hafalan al-Qur'an juz 30
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salimatus Muntafi'ah
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:57
Last Modified: 25 Oct 2024 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74190

Actions (login required)

View Item View Item