Implementasi pembelajaran mengenal angka dengan strategi bernyanyi dan kartu angka pada anak kelompok a di TK Darul Mubarok Jangkar Tanah Merah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Lailyyatul (2024) Implementasi pembelajaran mengenal angka dengan strategi bernyanyi dan kartu angka pada anak kelompok a di TK Darul Mubarok Jangkar Tanah Merah Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailyyatul Mukarromah_D99219048.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lailyyatul Mukarromah_D99219048_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 December 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Implementasi Pembelajaran Mengenal Angka Pada Anak Kelompok A dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan di TK Darul Mubarok hanya berpusat pada papan tulis dan gambar angka dengan metode demonstrasi. Penggunaan metode yang tidak bervariatif menjadikan anak kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dan mengakibatkan kemampuan anak dalam mengenal angka kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A TK Darul Mubarok agar lebih efektif dan maksimal dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan kondisi pembelajaran dan mengembangkan metode pembelajaran dengan bernyanyi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di Analisis dengan Reduksi data dan disajikan untuk menarik atau memverifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengenal angka pada anak kelompok A di TK Darul Mubarok sudah terkonsep dan berjalan dengan baik. Penggunaan metode bernanyi dan alat peraga kartu mampu menjadikan pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan anak menjadikan anak lebih bersemangat untuk belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan anak mampu menghafal lagu dengan maksimal dan mampu menunjukkan angka yang diminta oleh guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Lailyyatullailyyatul.85@gmail.comD99219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Implementasi; pembelajaran; mengenal angka; media kartu angka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: S.Pd Lailyyatul Mukarromah
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:48
Last Modified: 02 Dec 2024 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74499

Actions (login required)

View Item View Item