This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ratnawati, Yuyun Dwi (2024) Pengaruh pengelolaan kelas positive classroom management terhadap motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Yuyun Dwi Ratnawati_06020721067 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Yuyun Dwi Ratnawati_06020721067 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 December 2027. Download (2MB) |
Abstract
Pengelolaan kelas di MIN 2 Kota Surabaya masih cenderung tradisional, berfokus pada disiplin, dan belum efektif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini mengakibatkan siswa kurang terlibat dan merasa bosan, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Salah satu penyebabnya adalah minimnya penerapan metode Positive Classroom Management (PCM) sebagai strategi pengelolaan yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengelolaan kelas dengan pendekatan Positive Classroom Management (PCM) terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MIN 2 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group, melibatkan kelompok eksperimen yang menerapkan PCM dan kelompok kontrol yang tidak. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan PCM, motivasi belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai motivasi belajar siswa di kelas eksperimen setelah penerapan PCM mencapai 88.30, sedangkan di kelas kontrol hanya 83.09. Hasil ini membuktikan bahwa pengelolaan kelas yang positif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Manajemen Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Metode pengelolaan kelas; positive classroom management; motivasi belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | YUYUN DWI RATNAWATI | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74588 |
Actions (login required)
View Item |