This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mardhiyah, Ainaul (2024) Pengembangan Media Flashcard berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan pemahaman Belajar Bahasa Indonesia Anak Slow Learner di MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ainaul Mardhiyah_06010721001 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ainaul Mardhiyah_06010721001 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2027. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman belajar Bahasa Indonesia pada anak slow learner. Anak slow learner sering kali mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran abstrak tanpa media, sehingga diperlukan media inovatif yang dapat memfasilitasi gaya belajar mereka. Media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar dan membantu mereka memahami materi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Desain pengembangan media flashcard berbasis augmented reality, (2) Kelayakan Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality (3) Keefektifan media flashcard berbasis augmented reality dalam meningkatkan pemahaman belajar Bahasa Indonesia anak slow learner. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest posttest dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 5 anak slow learner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dilakukan sesuai model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) sehingga menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran yang layak digunakan setelah perbaikan berdasarkan saran para ahli. Hasil uji validitas ahli menunjukkan bahwa media flashcard berbasis augmented reality dinyatakan dalam kategori "sangat valid dan layak digunakan" dengan persentase validasi media sebesar 90,3%, validasi materi 89,3%, dan validasi praktisi pembelajaran 88,9%. Data analisis statistic descriptive menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 44.00 pada pre-test menjadi 76.00 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media berhasil meningkatkan pemahaman belajar siswa slow learner secara signifikan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,038, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan. Sementara itu, nilai N-Gain sebesar 0,5667 mengindikasikan peningkatan pemahaman yang signifikan dengan kategori sedang, yang berarti bahwa media flashcard berbasis augmented reality efektif dalam meningkatkan pemahaman belajar Bahasa Indonesia pada anak slow learner.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Teknologi |
||||||||||||
Keywords: | Media; flashcard; augmented reality; pemahaman belajar; slow learner | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Ainaul Mardhiyah Mardhiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2024 03:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74589 |
Actions (login required)
View Item |