Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elok, Faza Nurinda (2023) Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faza Nurinda_D97219078 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Faza Nurinda_D97219078 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di MI Badrussalam Surabaya bahwa terdapat empat siswa yang memiliki keterampilan membaca permulaan rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis terkait upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui tingkat keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya, 2) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat keterampilan membaca permulaan siswa kelas I MI Badrussalam Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini didapatkan dengan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) terdapat 4 siswa yang memiliki keterampilan membaca permulaan rendah dengan berbagai macam kesulittan dalam membaca permulaan. Adapun kesulitan tersebut yaitu siswa belum mengenal semua abjad, belum mampu membaca kata yang terdapat huruf konsonan ganda, mengubah atau mengganti kata yang dibaca, serta belum lancar membaca dan memahami kata yang dibaca. 2) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan adalah menerapkan metode yang sesuai dan efektif untuk siswa, memberikan jam tambahan belajar membaca permulaan, dan mengkomunikasikan dengan pihak madrasah untuk ikut serta membantu meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menyediakan fasilitas membaca. 3) faktor yang menjadi penghambat keterampilan membaca permulaan yaitu faktor internal yang meliputi : minat, motivasi dan intelektual siswa. Serta faktor eksternal yaitu peran orang tua dan sarana prasana yang tersedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elok, Faza Nurindafazanurinda28@gmail.comD97219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Upaya Guru; Keterampilan Membaca Permulaan; Kelas Rendah SD/MI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faza Nurinda Elok
Date Deposited: 13 Dec 2024 01:00
Last Modified: 13 Dec 2024 01:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74628

Actions (login required)

View Item View Item