This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahayu, Nurti (2016) Penggunaan Metode Scramble untuk Meningkatkan keterampilan menulis kalimat Bahasa Arab Materi Fil Madrasah pada Siswa Kelas V Mi Da’watul Khoiriyah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi fi al madrasah mata pelajaran Bahasa Arab kelas V MI Da’watul Khoiriyah Gresik pada awal semester genap tahun 2015/2016 relatif rendah. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada saat sebelum dilakukannya penelitian jauh dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode scramble untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi fi al madrasah siswa kelas V MI Da’watul Khoiriyah Gresik. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi fi al madrasah dengan menggunakan metode scramble di kelas V MI Da’watul Khoiriyah Gresik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penilaian produk. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Da’watul Khoiriyah Gresik tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik 13 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Pada penerapan metode scramble untuk meningkatkan keterampilan menulis kaliamat bahasa Arab diterapkan dengan baik dalam proses pembelajaran dan diketahui skor aktivitas guru siklus I adalah 70 meningkat menjadi 83,6 pada siklus II, skor aktivitas siswa siklus I adalah 72 meningkat menjadi 85 pada siklus II. Keterampilan menulis kalimat bahasa Arab menggunakan metode sramble juga mengalami peningkatan, diketahui skor rata-rata kelas siklus I 65,69 meningkat menjadi 83 pada siklus II dan Skor ketuntasan belajar pada siklus I 46,15% menjadi 84,61% padasiklus II sebesar 84,61%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Menulis; kalimat bahasa Arab; Metode Scramble | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | arofah nurti | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2016 07:17 | ||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:07 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7478 |
Actions (login required)
View Item |