Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode cooperative, integrated, reading, and composition (circ) siswa Kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofah, Siti (2016) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode cooperative, integrated, reading, and composition (circ) siswa Kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo dalam membaca pemahaman yaitu mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam sebuah cerita. Data yang didapatkan menunjukkan dari 18 siswa , hanya 7 siswa mampu memperoleh nilai di atas KKM yaitu 75 dan 11 anak lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini melalui metode CIRC. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Roudlotul Banat sebelum diterapkan metode CIRC?, (2) Bagaimana penerapan metode CIRC dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Roudlotul Banat?, (3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Roudlotul Banat sesudah diterapkan metode CIRC?. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Dalam satu siklus terdiri empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo yang terdiri dari 18 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan metode CIRC untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Roudlotul Banat Sidoarjo sebelum diterapkan metode CIRC bisa dibilang kurang baik. Dari 18 siswa, hanya 7 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. 11 siswa lainnya dibawah KKM. (2) Metode CIRC telah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hampir semua langkah pembelajaran metode CIRC telah diterapkan dengan tepat. (3) Keterampilan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan metode CIRC. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 72,38 meningkat menjadi 80,4 di siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 12 siswa tuntas dengan prosentase 66,6% di siklus I menjadi 15 siswa tuntas dengan prosentase 83,3% di siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofah, Sitiarofahiffah@gmail.comD97212108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti--2006067301
Subjects: Keterampilan
Keywords: Keterampilan membaca pemahaman; Bahasa Indonesia; metode cooperative integrated reading and composition; circ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: arofah nurti
Date Deposited: 11 Aug 2016 05:45
Last Modified: 28 Oct 2024 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item View Item