Pengembangan media augmented reality berbasis android terhadap hasil belajar siswa materi transformasi energi MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryani, Indrianis (2024) Pengembangan media augmented reality berbasis android terhadap hasil belajar siswa materi transformasi energi MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indrianis Suryani_06020721047 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Indrianis Suryani_06020721047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2028.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan yang memadukan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi tantangan bagi para pendidik. Keterbatasan waktu penggunaan media bagi siswa disekolah, kesulitan pemahaman terhadap materi yang bersifat abstrak, masih terdapat siswa yang memiliki nilai dibawah KKTP yang melatarbelakangi pengembangan media Augmented Reality berbasis android di MINU Waru 1 Sidoarjo. Tujuan pengembangan media Augmented Reality berbasis android untuk mendukung hasil belajar siswa, memberikan fleksibilitas penggunaan, serta memenuhi kebutuhan pemahaman materi abstrak bagi siswa di MINU Waru 1 Sidoarjo yang valid, praktis, dan efektif. Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba siswa kelas 4 di MINU Waru 1 Sidoarjo dengan 1 kelas untuk uji kepraktisan media dan 2 kelas untuk uji keefektifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kegiatan observasi, wawancara, angket, tes, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan melalui lembar validasi untuk menilai kevalidan instrumen validasi dan media Augmented Reality. Lembar observasi, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi digunakan untuk menilai kepraktisan media serta analisis kebutuhan lapangan. Lembar soal pretest posttest digunakan untuk menilai keefektifan dari media Augmented Reality berbasis android serta menilai signifikansi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Augmented Reality sangat layak digunakan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa yang didapatkan dari uji kevalidan pada instrumen lembar validasi, media, materi, serta tes dengan rata-rata persentase 88,05% mencapai kriteria rentang 81-100% dan dinyatakan sangat valid untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan media yang diujikan kepada guru dan siswa mencapai rata-rata persentase 92,46% dinyatakan sangat praktis untuk digunakan. Pada uji keefektifan. Hasil uji keefektifan media pada kelas terbatas dan kelas besar mencapai rata-rata yang signifikan dari 63,83 menjadi 85,15. Perolehan nilai signifikansi (Sig.) uji T-Independen sebesar 0,00, yang menunjukkan nilai Sig. < 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar siswa pretest dan posttest yang signifikan. Hasil uji N-Gain mencapai rata-rata 0,585 lebih dari kriteria 0,3 dinyatakan efektif. Hal tersebut menyatakan bahwa media Augmented Reality dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dan memenuhi tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryani, Indrianisindriyyy123@gmail.com06020721047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Biologi
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Tes Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan; Media Augmented Reality Berbasis Android; Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indrianis Suryani
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:05
Last Modified: 11 Jan 2025 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75361

Actions (login required)

View Item View Item