This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fauziah, Alifiah Restu Ayu (2024) Pengaruh metode at-tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Alifiah Restu Ayu Fauziah_06010721004 OK.pdf Download (6MB) |
|
Text
Alifiah Restu Ayu Fauziah_06010721004 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 January 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Penyebabnya yakni kurangnya waktu luang peserta didik untuk membaca Al-Qur’an dan ketika di rumah ataupun di TPQ tidak mengaji lagi. Beberapa peserta didik hanya mengandalkan belajar mengaji di madrasah sebagai satu-satunya kesempatan untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Kebiasaan tersebut tentu mempengaruhi tingkat kemahiran membaca Al-Qur’an dikarenakan frekuensi latihan yang minim membuat peserta didik tidak memiliki pembiasaan yang cukup dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh metode At-Tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Metode penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini yakni quasi experimental design nonequivalent control group design. Lokasi penelitian ini di MINU Waru II Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V jilid II dengan jumlah 15 peserta didik kelas eksperimen dan 15 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara untuk menggali data variabel X. Sedangkan tes praktik membaca Al-Qur’an untuk menggali data variabel Y. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan Uji T (Independent Sampel Test) dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 49,44, sedangkan rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 70,56. Rata-rata post test kelas kontrol sebesar 80 dan rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 86,67. Nilai pada kelas eksperimen baik nilai pre test maupun post test lebih tinggi dibandingkan nilai pre test dan post test pada kelas kontrol. Artinya, terdapat peningkatan setelah diterapkan metode At-Tahsin dibanding tanpa metode At-Tahsin. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,013<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh positif antara metode At-Tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh 57% yang artinya metode At-Tahsin cukup efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V MINU Waru II Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode Al Qur'an |
||||||||||||
Keywords: | Metode at-tahsin; kemampuan membaca Al-Qur'an; baca tulis Qur'an | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Alifiah Restu Ayu Fauziah | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2025 07:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2025 07:56 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75396 |
Actions (login required)
View Item |