Implementasi pembelajaran kitab Mabadi’ al-Fiqhiyah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Islam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yazidah, Najwa Nur (2024) Implementasi pembelajaran kitab Mabadi’ al-Fiqhiyah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Najwa Nur Yazidah_06020121062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Najwa Nur Yazidah_06020121062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Kitab Mabadi’ Al-Fiqhiyah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Islam Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara mendalam untuk memahami proses pembelajaran, karakter peserta didik, dan implikasi pembelajaran terhadap pembentukan karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dilakukan melalui metode pengajaran khas dengan pendekatan pesantren, materi yang relevan, dan evaluasi terstruktur. Pendekatan ini menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, aplikatif, dan diminati oleh orang tua. Implikasinya terlihat pada pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam dan kemampuan mereka mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Karakter religius peserta didik di SMP Islam Sidoarjo terbentuk melalui penguatan nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, akhlak mulia, dan kepedulian terhadap sesama. Melalui kegiatan ibadah dan proses pembelajaran, tercipta lingkungan belajar yang harmonis, mendukung pengembangan akhlak, dan membentuk sikap positif dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Kitab Mabadi’ Al-Fiqhiyah memberikan kontribusi sangat baik dalam membentuk karakter religius. Selain memberikan pemahaman teoritis mengenai fiqih dasar, seperti taharah, wudhu, dan sholat, pembelajaran ini juga menanamkan nilai-nilai religius yang diaplikasikan peserta didik dalam aktivitas sehari-hari. Perubahan positif terlihat dari peningkatan disiplin dalam menjalankan ibadah, perhatian terhadap waktu sholat, semangat sholat berjamaah, serta kebiasaan bertanya mengenai praktik ibadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yazidah, Najwa Nurnajwayazidah1@gmail.com06020121062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@uinsa.ac.id2022077101
Subjects: Agama
Akhlak
Kitab Suci
Keywords: Pembelajaran; kitab Mabadi’ al-Fiqhiyah; karakter religius; peserta didik SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najwa Nur Yazidah
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:32
Last Modified: 13 Jan 2025 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75400

Actions (login required)

View Item View Item