This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tsani, Novi Hikmatus (2016) Peningkatan pemahaman materi tentang tata cara sholat berjamaah pada mata pelajaran Fiqih melalui media Word Square di Kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran Fiqih materi tata cara sholat berjamaah di kelas II MI Muhammadiyah Paciran Lamongan. Dari 16 siswa ada sebanyak 5 siswa (30%) yang mendapat nilai yang tuntas, dan 11 siswa (70%) yang belum tuntas. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, peneliti menggunakan media word squre. Media ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui lembar kegiatan atau lembar kerja yang didalamnya berisi soal dan jawaban yang terdapat dalam kotak kata. Tujuan penelitian ini adalah Untuk: 1) Mengetahui penerapan media word square untuk meningkatkan pemahaman tentang materi tata cara sholat berjamaah di kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa tentang materi tata cara sholat berjamaah di kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan melalui media word square. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas II MI Muhammadiyah 19 Paciran Lamongan. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian Tes tulis, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media word squarepada mata pelajaran Fiqih dilakukan 2 siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 75 (cukup) dan meningkat pada siklus II 89,5 (baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I 65 (cukup) dan meningkat pada siklus II 82,4 (baik). 2) peningkatan pemahaman siswa melalui media word square mampu meningkatkan pemahaman siswa. Pada siklus I rata-rata kelas 62,5 (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 77,5 (baik). Peningkatan Prosentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh prosentase 43,75% (kurang)meningkat pada siklus II menjadi 87,5% (tinggi).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ibadah Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; media Word Square | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Novi Hikmatus Tsani | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2016 07:52 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7547 |
Actions (login required)
View Item |