This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fauzan, Ahmad (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OME-AKE (ORIENTASI, MODEL, ANALISIS, KOMUNIKASI, DAN EVALUASI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHALAT BERJAMAAH SISWA KELAS II MATA PELAJARAN FIKIH DI MI ARROSYAD SIMOGIRANG PRAMBON SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena perlunya dilakukan perubahan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam melakukan pengelolaan dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya keterampilan shalat berjamaah adalah guru masih menyampaikan secara ceramah, kurang memberikan motivasi belajar, dan dalam proses pembelajaran guru kurang melibatkan siswa secara aktif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan Model pembelajaran OME-AKE ( ORIENTASI, MODEL, ANALISIS, KOMUNIKASI, DAN EVALUASI ) terhadap keterampilan shalat berjamaah siswa kelas II mata pelajaran Fikih. Dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan keterampilan shalat berjamaah siswa kelas II Mata Pelajaran Fikih setelah menggunakan Model pembelajaran OME-AKE.Penelitian ini menggunakan cara Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa dan guru secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.
Untuk meningkatkan keterampilan shalat berjamaah siswa kelas II mata pelajaran Fikih, maka dilakukan PTK dengan menggunakan penerapan Model pembelajaran OME-AKE. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar melalui penerapan Model pembelajaran OME-AKE, sehingga dilakukan tindakan dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran OME-AKE. Di sisi lain guru juga belum maksimal mengimplementasikan metode pembelajaran OME-AKE. Dalam siklus kedua siswa siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi Model pembelajaran OME-AKE dan hasil menunjukkan sangat baik. Dari hasil observasi guru meningkat dari 76,38% (siklus I) menjadi 95,83% (siklus II). Sementara hasil tingkat keberhasilan keterampilan shalat berjamaah berdasarkan observasi psikomotor siswa menunjukkan peningkatan rata-rata dari 61,08 (Siklus I) menjadi 73,47. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu masing-masing 60,86 % dan 91,30 %. Dari hasil PTK untuk siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran OME-AKE dapat meningkatkan keterampilan shalat berjamaah siswa kelas II mata pelajaran Fikih di MI Arrosyad Simogirang Prambon Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Model pembelajaran OME-AKE; Keterampilan Shalat Berjamaah; Mata Pelajaran Fikih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2015 01:51 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2015 01:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/756 |
Actions (login required)
View Item |