This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Srigati, Wanti (2024) Implementasi quick response code pada pojok baca untuk peserta didik jenjang madya di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Wanti Srigati_06020721066.pdf Download (4MB) |
|
Text
Wanti Srigati_06020721066_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 January 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pojok baca yang efektif dan menarik untuk meningkatkan minat baca pada pembaca madya peserta didik kelas V. Kurangnya minat dan minimnya antusiasme peserta didik untuk memanfaatkan pojok baca sebagai sumber belajar, sehingga diperlukan pojok baca yang inovatif yang dapat memfasilitasi dan menarik minat baca mereka. Inovasi ini memungkinkan peserta didik untuk mengakses bahan bacaan digital secara mudah melalui perangkat mereka, memberikan variasi bacaan yang lebih luas, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam aktivitas membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan dan mengetahui dampak implementasi Qr Code pada pojok baca atau mengevaluasi pojok baca kelas V MIN 2 Kota Surabaya. Metode yang digunakan yaitu metode Kualitatif, penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan berdasarkan kondisi realitas. Hasil menunjukkan bahwa penerapan QR Code memberikan hasil positif dengan meningkatkan antusiasme siswa dalam membaca, terutama bagi mereka yang kurang tertarik pada buku cetak. QR Code mempermudah akses ke bahan bacaan digital yang lebih interaktif dan variatif, serta menciptakan suasana belajar yang fleksibel dan kolaboratif. Namun, beberapa kendala diidentifikasi, seperti keterbatasan perangkat, kebutuhan pelatihan guru dalam pengelolaan konten digital, dan preferensi sebagian siswa terhadap buku fisik. Selain itu, keterbatasan fasilitas pendukung seperti perangkat digital tambahan dan variasi bahan bacaan digital turut memengaruhi efektivitas implementasi ini. Meskipun demikian, kolaborasi antara guru dan siswa serta kemudahan akses yang disediakan teknologi ini menjadi faktor utama yang mendukung keberhasilan program. Untuk meningkatkan dampaknya, diperlukan pengayaan koleksi bahan bacaan digital dan peningkatan fasilitas pojok baca guna memastikan akses yang merata bagi seluruh siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Media Sosial Teknologi |
||||||||||||
Keywords: | QR code; pojok baca; minat baca; jenjang madya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Wanti Sriganti amrissya | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 06:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 06:14 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75736 |
Actions (login required)
View Item |