This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fifin, Istiqomah (2024) Pengembangan media Canva interaktif dalam meningkatkan minat belajar pendidikan Pancasila materi membangun tim untuk tujuan bersama kelas IV-b MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fifin Istiqomah_06010721013 full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 February 2028. Download (2MB) |
![]() |
Text
Fifin Istiqomah_06010721013.pdf Download (2MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, guru kelas IV-B masih bergantung pada buku paket dan LKS, serta media sederhana seperti kertas manila yang berisi gambar.Sedangkan hasil wawancara, guru belum pernah menggunakan media canva interaktif karena terdapat kendala: perangkat guru kurang mendukung, waktu yang terbatas, dan fasilitas tidak bisa digunakan jika bersamaan kelas lain. Hal ini dapat mempengaruhi fokus dan minat belajar peserta didik menurun karena media terlalu monoton. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media canva interaktif. 2) Mendeskripsikan kelayakan media canva interaktif. 3) Mendeskripsikan kepraktisan media canva interaktif. 4) Mendeskripsikan keefektifan media canva interaktif.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap yaitu: Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan Penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B MIN 1 Sidoarjo yang berjumlah 29. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan tes tulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media canva interaktif dilakukan sesuai metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D sehingga menghasilkan media yang sangat layak digunakan setelah revisi. 2) Media canva interaktif sangat layak digunakan setelah melalui revisi, dengan hasil validasi ahli materi yang diperoleh skor sebesar 97,5%, dan ahli media diperoleh skor sebesar 96,67%. 3) Kepraktisan media diperoleh dari skor angket respon peserta didik sebesar 82,27%, kategori “Praktis”. 4) Media canva interaktif terbukti efektif meningkatkan minat belajar peserta didik dengan hasil tes tulis menunjukkan peningkatan skor pre-test ke post-test. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai z = -4,625 dan asymp. Sig = 0,000, menandakan perbedaan signifikan. Uji n-gain score menunjukkan rata-rata 0,79 dengan peningkatan sebesar 79,18%. Angket minat belajar juga menunjukkan terdapat dampak positif diantaranya: 10 peserta didik kategori “Sangat Tinggi”, 18 peserta didik kategori “Tinggi”, dan 1 peserta didik kategori “Sedang”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Internet Telekomunikasi |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; media Canva interaktif; pendidikan Pancasila | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | fifin istiqomah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2025 08:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |