Penerapan strategi marketing mix 7p pada international class program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidi, Moh. Yudan (2025) Penerapan strategi marketing mix 7p pada international class program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Yudan Rosyidi_06020321036 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Moh. Yudan Rosyidi_06020321036 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil tentang penerapan strategi marketing mix 7P pada International Class Program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. Tujuan penelitian ini antara lain adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan International Class Program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo; (2) untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix 7P pada International Class Program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo; (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi marketing mix 7P pada International Class Program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yakni dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan teknik, selanjutnya menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan International Class Program (ICP) di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo diawali dengan analisis kebutuhan yang meliputi benchmarking, pengembangan kurikulum serta komersialisasi yang dilakukan oleh tim ICP untuk memastikan kesiapan sarana, prasarana, kurikulum, serta media pembelajaran yang sesuai untuk semua jenjang kelas. Pelaksanaan diatur dalam fungsi manajemen (POAC) dimulai dengan rapat perencanaan awal (planning), Rekrutmen SDM (organizing), pembelajaran (actuating) kelas yang diawali dengan rutinitas baris-berbaris dan doamenggunakan bahasa inggris dengan berbagai program unggulan di dalamnya, serta evaluasi dan pengawasan (controlling) dilakukan melibatkan tim ICP, pimpinan sekolah, serta lembaga Pearson sebagai mitra kerja sama.; (2) penerapan strategi marketing mix 7P pada International Class Program (ICP) di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo telah memenuhi unsur-unsur 7P yang mana menawarkan produk yang inovatif, harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, fasilitas ruang kelas nyaman, promosi dilakukan melalui media sosial, brosur, dan rekomendasi pribadi, proses dengan pendaftaran bersyarat dan pembelajaran interaktif, serta melakukan evaluasi berkala untuk mengukur perkembangan siswa dan guru, yang didukung oleh guru yang berkompeten; (3) terdapat faktor pendukung dan penghambat dengan masing-masing unsur 7P dalam penerapan strategi marketing mix 7P pada International Class Program di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidi, Moh. Yudanyudanrosyidi25@gmail.com06020321036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnurilhudauinsa@gmail.com2027068001
Thesis advisorSholihah, Ni’matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Keywords: Marketing mix 7P; international class program; faktor pendukung dan penghambat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moh. Yudan Rosyidi
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:29
Last Modified: 20 Jan 2025 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76034

Actions (login required)

View Item View Item