Strategi komunikasi pemasaran pemandu wisata dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Desa Wisata Adat Osing Kemiren Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qotrunnada, Ellysia (2024) Strategi komunikasi pemasaran pemandu wisata dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Desa Wisata Adat Osing Kemiren Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ellysia Qotrunnada_04010521011 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ellysia Qotrunnada_04010521011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang harus di manfaatkan sebagai bagian dari pembangunan nasional. Pariwisata yang professional tidak dapat dihindarkan dengan komunikasi pemandu wisata, pemanfaatan teknologi dan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran pemandu wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemandu wisata dan strategi pemanfaatan teknologi media sosial sebagai media komunikasi pemasaran dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan di desa wisata adat Osing Kemiren Banyuwangi. Untuk mendeskripsikan dua persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran terpadu yang menggunakan konsep 4P (product, place, price, promotion).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemandu wisata di Desa Kemiren menerapkan strategi komunikasi verbal, non-verbal, dan persuasif yang dipadukan dengan keterampilan aktif untuk memberikan pengalaman wisata yang berkesan bagi pengunjung. Selain itu, pengelola wisata memanfaatan teknologi dan media sosial menjadi salah satu media komunikasi pemasaran yang signifikan dan telah berhasil dimanfaatkan untuk mempromosikan Desa Wisata Adat Osing Kemiren ke wisatawan yang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qotrunnada, Ellysiaelisnada14@gmail.com04010521011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--2020067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Pariwisata
Keywords: Strategi Komunikasi; Komunikasi Pemasaran; Pemandu Wisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ellysia Qotrunnada
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:10
Last Modified: 17 Jan 2025 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76082

Actions (login required)

View Item View Item