This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aulia, Shinta Putri (2024) Penerapan balanced scorecard (bsc) sebagai pengukuran kinerja perusahaan (studi kasus di PT. XYZ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shinta Putri Aulia_G72218054 OK.pdf Download (897kB) |
|
Text
Shinta Putri Aulia_G72218054 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (3MB) |
Abstract
Pengukuran kinerja mempengaruhi perencanaan perusahaan untuk ke depannya. Untuk meningkatkan performa perusahaan, diperlukan sistem pengukuran yang dapat memberikan informasi menyeluruh yang berkaitan dan bermanfaat guna ketetapan strategis perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengukur kinerja perusahaan di PT. XYZ dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Penelitian ini dilakukan di PT. XYZ yang bergerak di bidang dagang dan layanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat perspektif dalam pendekatan balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian ini: dari perspektif keuangan, PT. XYZ menunjukkan ketidakstabilan, ditandai oleh fluktuasi dalam indikator keuangan yang mengindikasikan efisiensi dan profitabilitas yang belum optimal. Perspektif pelanggan menyoroti pertumbuhan dalam akuisisi pelanggan baru yang diimbangi dengan tantangan dalam mempertahankan pelanggan lama. Tingkat kepuasan pelanggan berada pada level yang cukup memadai, namun penurunan retensi pelanggan mengindikasikan bahwa strategi hubungan pelanggan memerlukan perbaikan untuk menciptakan loyalitas jangka panjang. Dalam perspektif proses bisnis internal, perusahaan telah melakukan upaya yang cukup signifikan untuk mengoptimalkan operasional, mengelola inovasi produk dan pelayanan serta meningkatkan keterampilan karyawan. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa kapabilitas karyawan dan sistem informasi berperan penting dalam kesiapan perusahaan untuk bersaing. Saran untuk meningkatkan kinerja PT. XYZ, yakni efisiensi operasional perlu dioptimalkan dan strategi keuangan yang lebih ketat harus diterapkan. Memperkuat retensi pelanggan dengan program loyalitas dapat meningkatkan hubungan jangka panjang. Dalam proses bisnis, fokus pada inovasi dan evaluasi kinerja berbasis data sangat penting, bersama dengan pengembangan keterampilan karyawan yang sesuai kebutuhan bisnis. Investasi berkelanjutan dalam kapabilitas karyawan dan sistem informasi yang lebih responsif juga akan memperkuat daya saing perusahaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi Manajemen Manajemen Strategi |
||||||||
Keywords: | kinerja perusahaan; Balanced Scorecard (BSC) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Shinta Putri Aulia | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76347 |
Actions (login required)
View Item |