Tradisi pembacaan Qalb Al-Qur’an: studi living qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Mar'atus (2025) Tradisi pembacaan Qalb Al-Qur’an: studi living qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Sholihah_07040320129 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mar'atus Sholihah_07040320129 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2028.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bentuk interaksi masyarakat dengan al-Qur’an di Indonesia dilakukan melalui pengajaran yang terbagi menjadi dua jenis berdasarkan lokasinya: di langgar atau musala, serta di pesantren atau di madrasah. Hal ini juga terlihat di Pondok Pesantren Nurul Falah, dimana tradisi pembacaan Qalb al-Qur’an menjadi bagian penting dari aktivitas pesantren. Tradisi ini dianggap sebagai salah satu kegiatan utama yang memiliki nilai signifikan. Penelitian mengenai living Qur’an di pesantren ini bertujuan untuk memahami peran pesantren dalam menjaga kelestarian tradisi tersebut. Pembacaan Qalb al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah didasarkan ijazah yang diterima oleh pengasuh pesantren dari gurunya. Pengasuh pesantren menegaskan bahwa tradisi ini membawa banyak manfaat, sehingga menjadi salah satu ciri khas dan keunikan Pondok Pesantren Nurul Falah. Masalah yang diteliti dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik tradisi pembacaan Qalb al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Surabaya, 2) Bagaimana pemaknaan tradisi tentang pembacaan Qalb al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan praktik pembacaan Qalb al-Qur’an serta menganalisis maknanya dalam kehidupan santri dan tradisi pesantren. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau (field research) dengan pendekatan teori living Qur’an serta teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Ahmad Rafiq. Untuk menyelesaikan penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasiuntuk menggali lebih dalam tentang praktik pembacaan Qalb al-Qur’an serta maknanya.Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: menunjukkan bahwa pembacaan Qalb al-Qur’an di musala Pondok Pesantren Nurul Falah setiap Senin dan Kamis menjelang waktu magrib. Kegiatan ini diawali dengan membaca tawasul, dilanjutkan dengan al-Fatihah, diteruskan dengan pembacaan Qalb al-Qur’an yang dipimpin oleh ketua pondok. Kemudian makna praktik tersebut bermakna struktural dan fungsional. Secara struktural, tradisi ini mencerminkan proses pewarisan Ijazah dari guru kepada Bu Nyai Rachmalia Mu’adah dan terus diwariskan kepada generasi selanjutnya. Secara fungsional, pembacaan Qalb al-Qur’an dipandang sebagai sarana untuk meraih keberkahan, penenang hati dan pikiran, pembentuk karakter, serta penjaga moralitas santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Mar'atusmaratussholihah567@gmail.com07040320129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id2002117101
Subjects: Budaya - Agama
Hubungan Masyarakat
Al Qur'an
Keywords: Living Qur’an; Qalb al-Qur’an; Pondok Pesantren; Nurul Falah Surabaya.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mar'atus Sholihah
Date Deposited: 23 Jan 2025 05:43
Last Modified: 23 Jan 2025 05:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76493

Actions (login required)

View Item View Item