This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yaqin, Moh. Ainul (2014) Peningkatan kemampuan membaca Al Quran dengan metode Qiroati pada siswa Kelas VI A MI Sunan Ampel Kesambi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
D57213183 Moh. Ainul Yaqin 2014 ok.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran Al- Qur'an dengan metode qiro'ati di kelas VI-A MI Sunan Ampel Kesambi Porong tahun pelajaran 2014-2015, (2) meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an khususnya perbedaan huruf hamzah dan 'ain dan mad thobi'i dengan metode qiro'ati di kelas VI- A MI Sunan Ampel Kesambi Porong tahun pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan mengambil tempat di kelas VI-A dengan jumlah siswa 27 anak pada bulan Nopember 2014. Dalam penelitian tindakan kelas dimaksudkan mengatasi masalah pembelajaran dan kemampuan membaca Al-qur'an siswa yang kurang, sehingga perlu diadakan langkah-langkah penyelesaian. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I terdiri kegiatan perencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilanjutkan ke siklus II yaitu diadakan replanning atau perencanaan kembali, pelaksanaan (action), pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur'an melalui metode qiro'ati dengan tutor sebaya di kelas VI-A MI Sunan Ampel Kesambi Porong tahun pelajaran 2014-2015 berlangsung lebih baik, siswa diajak belajar kelompok dengan tutor sebaya, yang selalu aktif mendampingi dan membimbing, sambil menunggu giliran maju bimbingan individual. Sehingga ketika dia maju sudah siap dan lancar dan sekaligus sevaluasi kenaikan halaman. Pelaksanaan melalui 2 siklus dengan hasil yang terus meningkat. Keaktifan belajar semakin meningkat. Siswa dengan tutor sebaya semakin menyenangkan dan membuahkan kreativitas siswa dalam belajar. Pembelajaran Al-Qur'an dengan metode qiro'ati di kelas VI-A MI Sunan Ampel Kesambi Porong tahun pelajaran 2014-2015 mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya kemampuan dan keterampilan membaca Al- Qur'an dengan fasih, tartil cepat, dan benar. Sehingga kepuasan kompetensi membaca dengan nilai lebih baik dari prasiklus sebesar 55%. Siklus I 63% dari menjadi 85% pada siklus I. Berdasarkan temuan penelitin ini diharapkan akan menambah informasi dalam mengembangkan keterampilan membaca Al-Qur'an bagi guru, sekolah, madrasah, serta peneliti lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Membaca Al Quran; Qiroati; tutor sebaya | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:56 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:56 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76792 |
Actions (login required)
View Item |