Peningkatan keterampilan menulis kalimat dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu Kwartet melalui kelompok TGT (Team Games Tournament) pada siswa Kelas III MI Iyaul Ulum Karang Kembang Babat Lamongan Tahun Pelajaran 2014-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabar, Sabar (2015) Peningkatan keterampilan menulis kalimat dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu Kwartet melalui kelompok TGT (Team Games Tournament) pada siswa Kelas III MI Iyaul Ulum Karang Kembang Babat Lamongan Tahun Pelajaran 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D57211150 Sabar 2015 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan menulis kalimat yang dilakukan siswa kelas III MI IhyasulUlum Karangkembang Babat Lamongan sekarang ini masih sangat rendakDalam mengungkapkan gagasan, mereka masih menggunakan kalimat yang singkat-singkat. Mereka masih kesulitan dalam menyusun atau menulis kalimat bahkan dalam hal mengarang. Mereka juga masih belum bias menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia Hal ini terbukti dari hasil menulis yang kurang dari 50% dari jumlah siswa yang mampu mencapai standar minimal yang ditetapkan 70%. Dari kejadian di atas sehingga peneliti menggunakan kartu kwartet untuk media pembelajaran dengan penerapan metode TGT (Team Games Toumament) yang diharapkan anak lebih kreatif dalam menuliskan ide serta menerapkan gagasan yang ada dalam benaknya berupa sebuah kalimat. Setelah dilakukan PTK ini terjadi peningkatan ketrampilan menulis kalimat yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia pada siswa kelas III MI Ihya'ul Ulum Karang, kembang Babat Lamongan. Dengan sekor minimal 75, dan tuntas secara klasikal jika kelas tersebut terdapat 80% siswa yang telah mencapai nilai minimal 75. Berdasarkan analisi data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kwartet, melalui metode TGT (Team Games Tournament) dilaksanakan dengan dua siklus. Dalam kedua siklus dilakukan kegiatan Pembelajaran yang sama yakni guru melakukan apresepsi, Menyampaikan tujuan pembelajaran, Menjelaskan materi, Memberi contoh kalimat-kalimat yang benar, membagikan kartu kwartet, menjelaskan aturan diskusi, membagi siswa dalam kelompok, bekerja dalam kelompok untuk membuat kalimat melakukan evaluasi, penilaian dan obserfasi. Hasil belajar siswa dalam siklus pertama di ditunjukkan dengan prosentase ketuntasan kelas sebesar 20,83%, sedangkan prosentasi pencapaian aspek afektif siswa dalam pembelajaran pada siklus pertama sebesar 20,8%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan yang siknifikan, Yakni prosentasi ketuntasan kelas sebesar 87,5% dan prosentasi pencapaian aspek afektif siswa dalam pembelajaran siswa pada siklus ke dua sebesar 83,3%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabar, SabarUNSPECIFIEDD57211150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Media Kartu Kwartet; metode TGT (Team Games Tournament); peningkatan; keterampilan menulis kalimat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:38
Last Modified: 21 Jan 2025 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76846

Actions (login required)

View Item View Item