This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriani, Aydilia (2013) Pengembangan komunitas anak berkebutuhan khusus oleh Lembaga Quantum Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
B02209043 Aydilia Fitriani 2013 ok.pdf Download (8MB) |
Abstract
Yang dimaksud dengan pengemabangan disini yaitu usaha bersama dan terencana untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Bidang- bidang pengembangan biasanya meliputi beberapa sektor, yaitu ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial-budaya. Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selaiu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji tentang Pengembangan Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus Oleh Lembaga Quantum Surabaya. Serta faktor pendukung dan dan faktor penghambat dalam proses pengembangan anak berkebutuhan khusus. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu yang lebih menekankan kepada analisisnya pada proses pengembangan anak berkebutuhan khusus. Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan menggali sebanyak- banyaknya data dari anggota komunitas produksi, informan yang terkait dalam proses ini. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa, Pengembangan Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus Oleh Lembaga Quantum Surabaya berbeda-beda sesuai jenis difabelnya. Secara keseluruhan, proses pengembangan anak berkebutuhan khusus tersebut meliputi keterampilan bina diri, keterampilan fokus, keterampilan berbicara atau membaca, keterampilan menulis, keterampilan memori, kurangi stimulasi lingkungan yang tidak perlu dan kurang baik untuk perkembangan anak, gunakan benda, gambar atau sesuatu yang bisa menarik perhatian anak agar ia mau belajar dengan cara penyampaian yang ringan dan disukai anak, serta juga komposisi makanan yang dikonsumsi oleh anak. Ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan komunitas anak berkebutuhan khusus oleh lembaga Quantum Surabaya, diantaranya yaitu:1. Faktor Pendukung: tersedianya para ahli dan kelas khusus bagi anak berkebutuhan khusus agar mereka dapat lebih mendapatkan penanganan yang fokus selain itu juga disediakan alat peraga untuk mendukung proses belajar siswa berkebutuhan khusus. 2. Faktor Penghambat: masih minimnya sarana sistem pendidikan dan materi khusus belum dipersiapkan secara matang dan serius.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Masyarakat | ||||||||
Keywords: | Pengembangan; Anak Berkebutuhan Khusus | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 06:04 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 06:04 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76865 |
Actions (login required)
View Item |