This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rifaldi, Moch. Ramzy (2025) Integrasi chatbot AI pada rancang bangun sistem informasi pariwisata Desa Tamansari Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Moch. Ramzy Rifaldi_09020621033.pdf Download (18MB) |
![]() |
Text
Moch. Ramzy Rifaldi_09020621033_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2028. Download (18MB) |
Abstract
Pariwisata di Indonesia diperkirakan menjadi sektor unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian nasional. Namun, sektor ini mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19. Setelah pemulihan, pertumbuhan pariwisata mulai membaik, tetapi masih terdapat masalah terkait keterbatasan akses informasi desa wisata, yang menghambat pertumbuhannya. Desa Tamansari di Banyuwangi, yang memiliki potensi pariwisata, juga menghadapi tantangan dalam menyediakan informasi yang mudah diakses dan layanan interaksi real-time bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi yang menunjang sektor pariwisata di Desa Tamansari. Sistem ini mempermudah akses informasi wisata dan dilengkapi fitur chatbot yang memberikan layanan interaksi kepada wisatawan selama 24 jam, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, dengan pengujian sistem menggunakan white box testing (unit testing) dan black box testing (equivalence partitioning). Framework yang digunakan adalah Laravel 11, Bootstrap 5.2 untuk tampilan, dan MySQL sebagai database. Sistem informasi tersebut akan diintegrasikan dengan chatbot yang dibuat dengan chatbase dengan cara memasukkan iframe chatbot ke dalam skrip html sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi pariwisata Desa Tamansari yang dilengkapi chatbot telah berhasil dikembangkan. Sistem ini sesuai dengan proses bisnis BUMDes Tamansari dan memenuhi 21 kriteria pengujian white box. Juga dilakukan pengujian black box dengan 25 kriteria yang terdiri dari 15 untuk pengguna admin dan 10 pengguna pengunjung, yang mana terdapat 2 pengujian untuk pengguna yang gagal, namun hal tersebut telah diperbaiki dan sistem berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan sistem ini, akses informasi mengenai desa wisata menjadi lebih mudah, dan interaksi dengan wisatawan dilakukan secara efektif, diharapkan meningkatkan kepuasan pengguna dan mendukung perkembangan pariwisata Desa Tamansari.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Komputer Bisnis Teknologi > Teknologi Informasi |
||||||||||||
Keywords: | Sistem informasi; chatbot; kecerdasan buatan; waterfall; laravel | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Moch. Ramzy Rifaldi | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 06:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |