Efektivitas model pembelajaran ejas (eksperiensial jelajah alam sekitar) terhadap literasi lingkungan pada materi pencemaran lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ananda, Rania Dzatarohmah (2024) Efektivitas model pembelajaran ejas (eksperiensial jelajah alam sekitar) terhadap literasi lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rania Dzatarohmah Ananda_D7A219015.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Rania Dzatarohmah Ananda_D7A219015_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2028.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi lingkungan peserta didik di SMP PGRI 9 Sidoarjo dengan diperoleh hasil penyebaran angket 14,2%- 34,2%. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan latihan, sehingga kegiatan pembelajaran cenderung teacher centered serta kegiatan praktikum yang jarang dilakukan dan masih banyak peserta didik kurangnya dalam menjaga lingkungan di sekitar sekolah. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran EJAS terhadap literasi lingkungan yang diharapakan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran EJAS terhadap literasi lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Desain penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP PGRI 9 Sidoarjo Tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang merupakan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui interview dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U, nilai N-Gain, dan analisis lembar observasi. Hasil penelitian yang telah didapatkan, menunjukkan bahwa efektivitas model pembelajaran EJAS (Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar) efektif terhadap peningkatan literasi lingkungan peserta didik materi IPA pencemaran lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan antara model pembelajaran EJAS dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji Mann Whitney U sebesar 0,000 ≤ 0,05. Hasil nilai N-Gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 69,53 berada pada kisaran tingkat keefektivan cukup efektif, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 27,44 berada pada tingkat keefektivan tidak efektif. Keterlaksanaan model pembelajaran EJAS pada lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 96,84% dan 93,68% dengan kriteria sangat efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ananda, Rania Dzatarohmahraniasaja123@gmail.comD7A219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Model pembelajaran EJAS (Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar) terhadap literasi lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Rania Dzatarohmah Ananda
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:26
Last Modified: 04 Feb 2025 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76919

Actions (login required)

View Item View Item