Peran kepala madrasyah dalam meningkatkan kreativitas menulis pada guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surabaya II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahim, M. Abd. (2014) Peran kepala madrasyah dalam meningkatkan kreativitas menulis pada guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surabaya II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Abd. Rahim D03208026 2014 ok.pdf

Download (14MB)

Abstract

Dalam kondisi saat ini guru dituntut untuk bisa menulis agar karyanya bisa menjadi sebuah proses pembelajaran bagi semua orang. Dilihat dari perspektif guru sebagai subjek, sebagai praktisi pendidikan para guru memiliki potensi menulis yang sangat besar. Sebenarnya guru memiliki segudang bahan berupa pengalaman pribadi tentang system dan model pembelajaran yang dijalankan. Sebagai objek, selama ini banyak orang menjadikan guru sebagai bahan perbincangan, bahan tulisan, berbagai sorotan dan kritik dilemparkan orang dalam tulisan mengenai profesi guru. Mengingat menulis adalah kompetensi yang juga akan dibutuhkan peserta didik di kemudian hari setelah lulus, maka sekolah sudah semestinya bertanggung jawab mengembangkan kompetensi tersebut pada peserta didik. Maka dari itu, berangkat dari sinilah peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang peranan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kreativitas menulis bagi guru dan siswa dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam keadaan kreativitas menulis guru maupun siswa dan peranan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kreativitas tersebut serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas menulis mereka. Teknik yang di gunakan penelitian ini adalah metode observasi, interview dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan sehubungan dengan penelitian ini. Setelah semua data terkumpul, peneliti mendiskripsikan keadaan di lapangan untuk menjawab permasalahan tentang peran kepala madrasah dalam meningkatkan kreativitas menulis pada guru dan siswa. Dari hasil penelitian lapangan di MTs Negari Surabaya II dapat di katakan bahwa paranan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kretivitas menulis pada guru dan siswa telah menjalankan perannya secara baik begitu juga dengan keadaan menulis guru dan siswa tersebut juga terbilang baik. Peranan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kreativitas menulis pada guru dan siswa berdasarkan hasil observasi dan interview dinyatakan baik dan bisa di wujudkan, karena kebijakan kepala madrasah dalam perannya sebagai pemimpin dan penanggung jawab sudah dapat terlaksana dengan baik, yaitu memotivasi guru dan siswa serta memberi media sebagai ruang kreativitas menulis guru dan siswa. Pada dasarnya kreativitas menulis guru dan siswa di MTs Negeri Surabaya II terbilang baik, hal ini dapat terlihat dari hasil observasi, dan interview penulis secara langsung di lapangan, seperti: dari ide dan kreativitas mereka dalam mengisi mading dan dapat membuat majalah sekolah, guru-gurunya maupun siswa-siswinya aktif dan kreatif dalam membuat karya. Sehingga dapat menciptakan budaya menulis di Madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahim, M. Abd.UNSPECIFIEDD03208026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNofijantie, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Peran; kepala madrasah; kreativitas menulis; guru; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:41
Last Modified: 23 Jan 2025 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76970

Actions (login required)

View Item View Item