This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kusno, Moh. (2009) Profesionalisasi guru PAI melalui jalur pendidikan profesi guru. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Moh. Kusno_D01205210.pdf Download (920kB) |
Abstract
Di antara isi dari pembukaan UUD 1945 yaitu ...mencerdaskan kehidupan bangsa.... Adapun salah satu upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu dengan pendidikan.
Dalam pendidikan tidak terlepas yang namanya guru, murid, dan kurikulum. Ketiga hal tersebut sangat menentukan berhasil dan tidaknya dalam suatu pendidikan, terutama pada peran guru. Guru yang profesional, murid akan mudah dalam menerima materi yang diajarkannya, begitu pula sebaliknya murid akan kurang bisa mnerima materi yang diajarkan oleh guru, apabila guru tersebut kurang profesional. Begitu pula dalam guru PAI, profesionalitasnya harus lebih ditingkatkan, karena guru PAI di samping bertanggung jawab dalam kecerdasan intelektual, juga dalam moral dan perilaku murid. Oleh karena itu, salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan guru yang profesional, lebih-lebih guru PAI yaitu dengan Pendidikan Profesi Guru. Oleh sebab itulah penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul Profesionalisasi Guru PAI Melalui Jalur Pendidikan Profesi Guru. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah mengapa profesionalisasi guru dilaksanakan melalui jalur Pendidikan Profesi Guru; bagaimana kurikulum Pendidikan Profesi Guru PAI untuk mengukur kelayakan profesi guru PAI; dan bagaimana pelaksanaan profesionalisasi guru PAI melalui Pendidikan Profesi Guru. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengungkap kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru melalui jalur Pendidikan Profesi Guru; mengetahui kurikulum Pendidikan Profesi Guru PAI untuk mengukur kelayakan profesi guru PAI; mengetahui pelaksanaan profesionalisasi guru PAI melalui Pendidikan Profesi Guru. Dari hasil penelitian ini diharapkan upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru melalui jalur pendidikan profesi guru bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan; diharapkan bagi calon guru PAI mampu menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAI dan layak menjadi guru PAI; diharapkan bagi calon guru PAI melaksanakan Pendidikan Profesi Guru dengan sebaik-baiknya, supaya bisa mendapatkan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAI. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumenter, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau fariabel yang berupa cetakan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, legger agenda dan sebagainnya. Metode ini dipandang relevan untuk memperoleh data yang bersumber dari buku sebagai sumber utama penelitian ini. Hasil penelitian ini, kebijakan pemerintah mengadakan Pendidikan Profesi Guru mampu mengantarkan para calon guru memiliki berbagai macam kompetensi pada jenjang satuan pendidikan tertentu dan akan mampu menjadi guru yang professional.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Guru | ||||||||
Keywords: | Profesionalisasi Guru | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2009 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2021 08:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7699 |
Actions (login required)
View Item |