Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam berperilaku yang amanah pada siswa Kelas IV SD Inpres 7/83 Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murniati, Murniati (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam berperilaku yang amanah pada siswa Kelas IV SD Inpres 7/83 Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 21 Murniati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Problem Based learning pada pembelajaran perilaku Amanah siswa Kelas IV SD Inpres 7/83 Malimongeng Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaian masalah (jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based learning. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Based learning ini mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes yang telah dilaksanakam dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning diperoleh peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik adalah 58,82 % dari saat pretest 52,9 % menjadi 88,2 % saat posttest dan persentase ketidak tuntasan belajar menurun sebanyak 19,52 % dari saat pretest 41,2 % menjadi 11,9% saat posttest. Dengan demikian indikator keberhasilan penelitian ini sudah tercapai. Dari hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran problem basic learning dengan model yang peneliti gunakan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam ranah kognitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murniati, MurniatiUNSPECIFIED06050822198
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsa.ac.id2012067802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar biswa; Model pembelajaran problem based learning; Pendidikan agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:28
Last Modified: 06 Feb 2025 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77045

Actions (login required)

View Item View Item