This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Marisa, Ira Dewi (2009) Pengaruh model pembelajaran Advance Organizer pada materi PAI terhadap keaktifan belajar siswa di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ira Dewi Marisa_D01303040.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini terkait dengan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Sidoarjo adalah bagaimanakah pelaksanaan Model Pembelajaran Advance Organizer (Pengatur Awal); Bagaimanakah Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer; Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap keaktifan belajar siswa materi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan desain penelitian pretest and posttest group design, serta menggunakan data statistik dengan Rumus Uji t atau Ttes. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata sebesar 3,64 yang berarti sangat baik. Praktek pengajaran advance organizer dimulai tersusun atas perencanaan, pembukaan, tidakkan dan penutup yang terpola dalam tiga tahap. Hasil pengamatan pada pelaksanaan pembelajaran dengan Advance Organizer materi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3; keterampilan kooperatif guru pada tiap siklus dalam mengelola model pembelajaran Advance Organizer dapat dilihat dari rata-rata 4,56 yang berarti sangat baik. Pada Kemampuan pembelajaran kontekstual guru dalam pengelolaan Advance Organizer dapat dilihat dari rata-rata 4,11 yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis keterampilan kooperatif siswa dapat diketahui tergolong sangat baik dapat dilihat dari jumlah rata-rata 3,62. Untuk pengamatan aktivitas siswa dalam KBM pada model pembelajaran Advance Organizer dapat dilihat dari rata-rata 50,00 pada kegiatan inti. Berdasarkan angket respon siswa menyatakan senang dengan prosentase 75,56%. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji hipotesis dua populasi dengan hasil t = -4,66 dan penentuan nilai t dari daftar tabel yaitu -1,645 dapat diketahui bahwa thitung - t tabel –4,66 -1,645 berarti Ho ditolak dan Ha yang diberikan dapat diterima yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Advance Organizer (Pengatur Awal) terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Motivasi Belajar Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Pembelajaran Advance Organizer; Materi PAI | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2019 04:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7707 |
Actions (login required)
View Item |