This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Suparmin, Suparmin (2022) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS IV SDN 010 LONG IKIS KAL-TIM. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPTK18 Suparmin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran discovery learning dengan Metode Role Playing atau bermain peran pada pembelajaran PAI dengan materi Beriman Kepada Rasul Allah pada Kelas IV SDN 010 Long Ikis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaian masalah (jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan Metode Role Playing atau bermain peran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning dengan Metode Role Playing atau bermain peran ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai rata-rata siklus 1 rata-ratanya 78,16, siklus 2 rata-ratanya 83,33, Dan siklus 3 dengan rata-ratanya 86,58. Dari hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan Metode Role Playing atau bermain peran dengan metode-metode yang peneliti gunakan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam ranah kognitif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Metode role playing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 10:05 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 10:05 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77121 |
Actions (login required)
View Item |