PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI MA. BUSTANUL ULUM KRAI YOSOWILANGUN LUMAJANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Samsul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI MA. BUSTANUL ULUM KRAI YOSOWILANGUN LUMAJANG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT83 Samsul Arifin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, hal ini disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang tepat dan monoton, serta kurangnya buku materi dan buku penunjang pada pelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X IPA MA Bustanul Ulum, Krai Yosowilangun Lumajang. Penulis memilih strategi audio visual sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X IPA MA. Bustanul Ulum Krai Yosowilangun Lumajang karena strategi ini memiliki kelebihan, yaitu; Pertama, Media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian (attention) siswa terhadap materi ajar. Kedua. Fungsi afektif, yakni menggugah perasaan, emosi, dan tingkat penerimaan atau penolakan siswa terhadap sesuatu. Ketiga. Meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari dan dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik. Keempat. Efektif dalam merangsang gairah belajar siswa, karena siswa selain belajar juga akan merasa terhibur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Audio Visual pada pembelajaran Fikih kelas X-IPA MA. Bustanul Ulum Krai Lumajang dengan ini dapat dibuktikan dengan uraian berikut: 1. Pada siklus 1 strategi pembelajaran Audio Visual pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran awal terbukti yang tidak mencapai KKM 73,7% dan yang mencapai KKM yakni 26,1% 2. Setelah menerapkan strategi pembelajaran Audio Visual berikunya dapat diketahui peningkatan dalam hasil belajar siswa pada siklus 2 mengalami Peningkatan sebanyak 56,5 % tuntas dan siswa yang belum tuntas sebanyak 43,5% 3. Selanjutnya di Siklus 3 hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi Audio Visual mengalami peningkatan yang signifikan yakni 91,3 % peserta tuntas dan siswa yang belum tuntas 8,7 % , secara keseluruhan PTK ini berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Loading...
Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, SamsulUNSPECIFIED9721760043078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsa.ac.id2028097802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; Media audio visual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:09
Last Modified: 01 Feb 2025 10:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77141

Actions (login required)

View Item View Item