PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI SURAT AN-NAAS MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE SHORT CARD DI KELAS 3 MI MA’ARIF CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Zainul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI SURAT AN-NAAS MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE SHORT CARD DI KELAS 3 MI MA’ARIF CANDI SIDOARJO. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT85 Zainul Musthofa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya persentase pada hasil belajar siswa kelas 3 MI. Ma’arif Candi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan hasil belajar 33% (5 siswa) tuntas dari 26 siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan kurang berorientasi pada aspek keterampilan dan kurang variatif. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan tindakan perbaikan hasil belajar siswa pada materi Surat Al-Ikhlas menggunakan media Short Card. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits materi Surat An Naas melalui model Cooperatif Learning tipe Short Card di kelas 3 MI Ma’arif Candi Sidoarjo? (2) Bagaimana penggunaan model Cooperatif Learning tipe Short Card pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat An Naas di kelas 3 MI Ma’arif Candi Sidoarjo? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat An Naas melalui model Cooperatif Learning tipe Short Card di kelas 3 MI Ma’arif Candi Sidoarjo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan media Short Card terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits materi Surat An Naas di kelas I MI Ma’arif Candi Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat An Naas melalui media Short Card di kelas I MI Ma’arif Candi Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewwin. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 MI. Ma’arif Candi Sidoarjo dengan jumlah siswa 26. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Media Short Card terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 77%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 71%. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat An Naas setelah menggunakan Media Short Card mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,53 dengan persentase ketuntasan 77%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, ZainulUNSPECIFIED06050822342
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; media short card.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:11
Last Modified: 01 Feb 2025 10:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77145

Actions (login required)

View Item View Item