PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI KANDUNGAN SURAH AL-’ASHRDENGAN METODE DESCOVERY LEARNING SISWA KELAS IV MI MI RAUDLATUL ATHFAL SIMOJAYAN AMPELGADING MALANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahri, Bahri (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI KANDUNGAN SURAH AL-’ASHRDENGAN METODE DESCOVERY LEARNING SISWA KELAS IV MI MI RAUDLATUL ATHFAL SIMOJAYAN AMPELGADING MALANG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT86 Bahri.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam yang terdapat di dalamnya materi al-Qur’an Hadits, salah satunya pembahasannya adalah kemampuan memahami isi kandungan surah Al-’Ashr pada materi al-Qur’an Hadits dengan melalui metode discory learning. Mempelajari surah Al- ’Ashr merupakan upaya dasar terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan Agama Islam dari sumber utamanya yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist, melalui bimbingan, pengajaran serta latihan. Hal ini sesuai dengan pasal 15 UU NO. 20/2003 yang menyebutkan bahwa “Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama. Dari penelitian pendahuluan terhadap kemampuan memahami isi kandungan surah Al-’Ashr pada siswa kelas IV MI Raudlatuk Athfal Simojayant Tahun Pelajaran 2021/2022 masih relatif kurang. Hal ini terlihat dari 25 siswa hanya 8 siswa yang memiliki kemampuan memahami isi kandungan surah Al-’Ashr dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti adalah penelitian tindakan kelas, Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan atas empat tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data adalah berupa perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisa dan hasil pembahasan bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) persiklus yang difokuskan pada perencanaan langkah-langkah perbaikan atau skenario tindakan yang diharapkan dapat mengatasi masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas proses dan belajar siswa. Menyiapkan materi Al-Qur’an Hadits dalam memahami isi kandungan surah al ‘Ashr, 2) vi AktiIVtas guru dan siswa dalam memahami isi kandungan surah Al-’Ashrdengan menggunakan metode pembelajaran Discory Learningsiswa Kelas IV MI Raudlatuk Athfal Simojayant Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2022/2023 menunjukkan adanya peningkatan proses belajar. Dalam hal ini, aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran secara kualitatif diperoleh hasil yang memuaskan. Pada siklus I suasana belajar cukup, siklus II mengalami peningkatan, yakni berada pada kategori baik, dan siklus III juga berada pada taraf kualifikasi baik. 3) Pada tahap awal sebagian besar siswa memiliki kemampuan memahami isi kandungan surah Al-’Ashr yang rendah dengan rata-rata nilai 70 dan mendapakan nilai rata-rata 77.5 dan nilai tes siswa rata-rata 86.82.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahri, BahriUNSPECIFIED06050822054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: al-qur’an hadits; metode discory learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:12
Last Modified: 01 Feb 2025 10:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77146

Actions (login required)

View Item View Item