PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DAN TANDA BACANYA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 MI THORIQUL HUDA NGANJUK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Faridah (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DAN TANDA BACANYA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 MI THORIQUL HUDA NGANJUK. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT95 Faridah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berasal dari banyak siswa kelas I MI Thoriqul Huda Nganjuk yang belum memiliki kemampuan membaca dan mengenal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya dengan baik. Hal ini dikarenakan metode mengajar guru sangat konvensional dan belum banyak berkembang. Selain itu, guru juga tidak menggunakan media sebagai alat bantu sekaligus untuk merangsang minat dan perhatian siswa terhadap materi pelajaran. Akibatnya, pembelajaran terasa sangat monoton dan membosankan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah dan tanda bacanya pada siswa kelas 1 MI Thoriqul Huda Nganjuk?, (2) Bagaimana hasil peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah dan tanda bacanya pada siswa kelas 1 MI Thoriqul Huda Nganjuk? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari siklus 1 melalui penilaian-penilaian harian sedangkan Siklus 2 dan 3 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan media gambar berjalan dengan baik melalui perbaikan pada refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari siklus I sampai ke siklus 3. Pada siklus 2 nilai rata-rata peserta didik memperoleh 76,3 dengan kriteria cukup, dan siklus 3 meningkan menjadi 83,3 dengan kriteria baik. (2) peningkatan kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi huruf hijaiyah mendapat presentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 29% dengan kriteria kurang, siklus 2 mendapat 60% dengan kriteria cukup, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 88% dengan kriteria baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, FaridahUNSPECIFIED06050822084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah; media gambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:22
Last Modified: 01 Feb 2025 10:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77187

Actions (login required)

View Item View Item