Pengaruh pendekatan Stop Think Do terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Al Qur'an Hadits Kelas VIII C di SMP Hasjim Asj'ari Tulangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Siti Nur (2009) Pengaruh pendekatan Stop Think Do terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Al Qur'an Hadits Kelas VIII C di SMP Hasjim Asj'ari Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Pengaruh Pendekatan Stop Think Do Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Al-Qur'an Hadits Kelas VIII C di SMP Hasjim Asj'ari Tulangan Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dalam diri siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton, hal ini disebabkan karena kurangnya pendekatan yang dilakukan guru terhadap siswa. Karena apabila guru melakukan pendekatan kepada siswa, otomatis guru akan mengetahui dan memahami setiap permasalahan yang ada dalam diri siswa. Siswa merasa diperhatikan, sehingga mereka akan lebih terbuka kepada gurunya, dan dapat menyebutkan kelebihan dan kelemahan yang ada dalam dirinya mengenai kesulitan yang mereka hadapi pada mata pelajaran tertentu, selain itu konsentrasi dan perhatian terhadap pelajaran di kelas sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu guru dapat melakukan pendekatan kepada siswa, sehingga mereka termotivasi untuk mengikuti pelajaran tersebut. Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Pendekatan Stop Think Do Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Al-Qur'an Hadits Kelas VIII C di SMP Hasjim Asj'ari Tulangan Sidoarjo Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah : 1.Bagaimanakah pendekatan Stop Think Do pada bidang studi Al-Quran Hadits kelas VIII C di SMP Hasjim Asjari Tulangan Sidoarjo? 2.Bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang studi Al-Quran Hadits kelas VIII C di SMP Hasjim Asjari Tulangan Sidoarjo? 3.Adakah pengaruh pendekatan Stop Think Do terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Al-Quran Hadits kelas VIII C di SMP Hasjim Asjari Tulangan Sidoarjo? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka-angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yakni seluruh kelas VIII C yang berjumlah 40 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Adapun metode pengumpulan datanya adalah observasi,angket, dokumentasi, dan interview. Data di analisa dengan metode deskriptif berdasarkan kategori, untuk data kuantitatif dengan product moment. Sedangkan hasil perhitungan antara variabel X (Pendekatan Stop Think Do) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) diperoleh angka korelasi 0,759 yang berarti kuat.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh antara pendekatan Stop Think Do terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Al-Quran Hadits kelas VIII C di SMP Hasjim Asjari Tulangan Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Siti Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Keywords: PENDEKATAN STOP THINK DO
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 23 Oct 2018 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7719

Actions (login required)

View Item View Item