PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PAI KELAS VI SDN 012 TANAH GROGOT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadli, Fadli (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PAI KELAS VI SDN 012 TANAH GROGOT. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT100 Fadli.pdf

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan dalam proses belajar mengajar khususnya pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 012 Tanah Grogot yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur yang terakreditasi A, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau ceramah, sehingga peserta didik hanya mendengarkan guru menerangkan materi dan peserta didik tidak ikut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Discovery Learning pelajaran PAI Kelas VI SDN 012 Tanah Grogot serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pelajaran PAI pada penerapan model Pembelajaran Discovery di kelas VIB SDN 012 Tanah Grogot. Berdasarkan penelitian dilakukan oleh Istianah dengan judul “Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode Discovery Learning”, menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan metode ddiscovery learning, menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini terlihat dari perolehan tes hasil belajar setiap siklusnya. Perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,67 dengan persentase ketuntasan 57,15% karena dari 21 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM (70) ada 9 siswa. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperolehmencapai 86,67 dengan persentase ketuntasan 100%. Hal ini berarti seluruh siswa nilainya sudah sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil belajar siklus I dan II, maka hipotesis tindakan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar 5 siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadli, FadliUNSPECIFIED06050822079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsa.ac.id2012067802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Model pembelajaran discovery learning; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:25
Last Modified: 01 Feb 2025 10:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77193

Actions (login required)

View Item View Item