PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SDN GADU BARAT I SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basri, Hasan (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SDN GADU BARAT I SUMENEP. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT102 Hasan Basri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa untuk meningkatkan kualitas peserta didik, guru harus melaksanakan proses mengajar yang efektif dan harus memilih model pembelajaran yang tepat untuk materi pelajaran. Guru perlu mengawasi dan dapat menerapkan model pembelajaran tertentu. Tugas guru yang lain adalah sebagai pembimbing yang diharapkan dapat memberikan bimbingan kepada siswa dalam proses belajar sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Kenyataan dilapangan sebagaimana yang terjadi di SDN Gadu Barat I, secara umum proses belajar mengajar masih monoton dan membosankan karena komunikasi yang berlangsung hanya satu arah saja. Pembelajaran kooperatif Tipe Tim Siswa Kelompok Prestasi mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: Pembelajaran kooperatif Tipe Tim Siswa Kelompok Prestasi mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 1) Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku dll), 2) Guru menyajikan pelajaran. 3) Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. 4) Guru mengevaluasi hasil pembelajaran dengan cara memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. dan 5) Memberi penghargaan. Pembelajaran kooperatif Tipe Tim Siswa Kelompok Prestasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu yaitu siklus 1 ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa (45,45%), siklus 2 ketuntatasan belajar sebanyak 14 siswa ( 66,36%), dan siklus 3 ketuntasan belajar sebanyak 20 ( 90,91 %). Sedangkan prestasi siswa terus meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 naik 6,37 (dari 66,36, ke 72,73), siklus 2 ke Siklus 3 naik 9,18 (dari 72,73 ke 81,91).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basri, HasanUNSPECIFIED06050821091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar; PAI; penerapan pembelajaran kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:27
Last Modified: 01 Feb 2025 10:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77202

Actions (login required)

View Item View Item