UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE DRILL AND PRACTICESISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM GONDANGREJO PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadzifah, Ainun (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE DRILL AND PRACTICESISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM GONDANGREJO PASURUAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT107 Ainun Nadzifah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui peningkatan kerja sama antar kelompok dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Mad Iwad melalui Metode drill di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Gondangrejo Pasuruan 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Mad Iwad melalui Metode drill di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Gondangrejo Pasuruan. adapun hasil penelitian dan analisis tentang upaya meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits materi ayat-ayat mad iwad melalui metode driil and practice peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Gondangrejo maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Hasil observasi dari siklus I dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill and Practice untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Ayat-Ayat Mad Iwad di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Gondangrejo, pembelajaran dimulai dengan mengucapkan salam, membaca do’a, Absensi menyampaikan tujuan pembelajaran dan menggali pengetahuan dari peserta didik, kemudian guru membaca al Qur’an materi ayat-ayat mad iwad dengan fasih dan benar yang diikuti oleh peserta didik secara bersama- sama kemudian peserta didik disuruh maju satu persatu secara bergantian untuk mempraktekkan membaca ayat-ayat mad iwad dengan fasih dan benar. Guru memandu peserta didik untuk membaca ayat-ayat mad iwad dengan cara sambung ayat dan lempar ayat antar peserta didik hingga beberapa kali putaran kemudian bertanya jawab dan memberi kesempatan pada peserta didik tentang hal-hal yang belum diketahui, lalu guru bersama peserta didik bertanya jawab, meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. Setelah peserta didik mengerti dan faham dilakukan evaluasi secara lisan praktek membaca al Qur’an materi ayat-ayat mad iwad, sebelum ditutup peserta didik disuruh membaca ayat-ayat mad iwad secara bersama-sama dan diberi tugas menghafalkan ayat-ayat mad Iwad untuk disampaikan pada pembelajaran berikutnya. Ini yang dilakukan pada siklus I. 2. Hasil Upaya meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits materi ayat- ayat mad iwad dengan metode driil and practice siwa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Gondangrejo telah berhasil sesuai yang diharapkan oleh peneliti yaitu adanya peningkatan hasil belajar dan mampu mencapai indikator keberhasilan dalam penilaian pembelajaran tersebut. Jadi penggunaan metode drill and practice sangat efektif sekali bisa dikatakan berhasil dengan pencapaian nilai rata-rata yaitu pada pra siklus 66,61, pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 80,68 pencapaian pada siklus I menjadi 78,36

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadzifah, AinunUNSPECIFIED06050822027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; metode drill and practice
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:33
Last Modified: 01 Feb 2025 10:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77208

Actions (login required)

View Item View Item