EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI IMAN KEPADA QADA DAN QADAR BAGI SISWA KELAS XII DI SMK AL FALAH KOTA PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fendik, Muhammad (2022) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI IMAN KEPADA QADA DAN QADAR BAGI SISWA KELAS XII DI SMK AL FALAH KOTA PROBOLINGGO. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT113 Muhammad Fendik.pdf

Download (727kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran PAI dalam materi Iman Kepada Qada dan Qadar di SMK Al Falah Probolinggo dan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Discovery learning materi Iman Kepada Qada Dan Qadar di SMK Al Falah Probolinggo. Subjek dalam penilitian ini berjumlah 19 siswa. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu : Apakah model pembelajaran Discovery learning meningkatkan hasil pembelajaran PAI dalam materi Iman Kepada Qada dan Qadar di SMK Al Falah Probolinggo? dan Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran Discovery learning materi Iman Kepada Qada Dan Qadar di SMK Al Falah Probolinggo? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qada’ dan Qadar Bagi Siswa Kelas XII Di SMK Al Falah Kota Probolinggo. Terbukti Pada siklus I masih tergolong sedang dengan rata-rata secara keseluruhan 62.3 berada pada interval 50-69 dengan kategori sedang. Pada siklus II sudah baik dengan rata- rata secara keseluruhan 70.3 berada pada interval 70-89 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus III sudah sangat baik dengan rata-rata secara keseluruhan 90.%.berada pada interval 90-100 dengan kategori sangat baik. Serta dapat disimpulkan metode Discovery Learning Efektifitas terbukti hasil tes yang dilakukan mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fendik, MuhammadUNSPECIFIED06050822587
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Efektifitas; discovery learning; iman kepada qada Dan qadar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:42
Last Modified: 01 Feb 2025 10:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77214

Actions (login required)

View Item View Item