UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI POKOK MANFAAT PUASA RAMADHAN MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KATOL BARAT 2 KECAMATAN GEGER KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jalal, Nurul (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI POKOK MANFAAT PUASA RAMADHAN MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KATOL BARAT 2 KECAMATAN GEGER KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2021. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT114 Nurul Jalal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembehasan dalam penelitian ini yaitu untuk peningkatkan motivasi belajar mata pelajaran PAI kelas V SD Negeri Katol Barat 2 Kecamatan Geger pada tahun pelajaran 2021/2022. Yang melatarbelakangi penelitian adalah rendahnya keaktifan dalam pembelajaran PAI, kurangnya motivasi belajar siswa, dan nilai hasil belajar yang masih banyak yang belum tuntas KKM. Peneliti berinisiatif melakukan penelitian tindakan kelas dengan memakai metode yang bersifat pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) tidak seperti yang biasa dipakai sebelumnya yaitu metode dengan ceramah yang teacher centered. Metode yang dipakai adalah metode jigsaw. Adapun yang menjadi rumusan masalah yaitu, “Bagaimana metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pokok manfaat puasa ramadhan pada siswa kelas V SD Negeri Katol Barat 2 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan Tahun 2021??” Rumusan masalah tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes. Dari hasil penelitian mengindikasikan peningkatan setelah digunakan metode jigsaw. Indikator peningkatan itu antara lain meningkatnya keaktifan kelas, meningkatnya motivasi belajar dan semangat siswa, serta meningkatnya hasil belajar siswa. Pada siklus I yaitu 53.99%, siklus II yaitu 71.88%, adapun pada siklus III yaitu 90,06%. Pada aspek motivasi siswa pun mengalami peningkatan sama dengan aspek keaktifan. Nilai hasil belajar siswa juga demikian meningkat. Test siklus I menemukan data anak yang lulus KKM hanya sebesar 36,36%%, yakni yang mencapai KKM hanya 8 dari 22 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang lulus meningkat menjadi 68,18%. Dan pada siklus III prosentase siswa yang lulus KKM mencapai 95.45%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode jigsaw pada pembelajaran mata pelajaran PAI materi pokok manfaat puasa ramadhan kelas V SD Negeri Katol Barat 2 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2021/2022 hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jalal, NurulUNSPECIFIED06050821214
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisormansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Upaya meningkatkan hasil belajar; metode jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:44
Last Modified: 01 Feb 2025 10:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77219

Actions (login required)

View Item View Item