PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP SEHAT & BERSIH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MI DARUSSALAM JOGOSATRU SUKODONO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Lailatul (2022) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP SEHAT & BERSIH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MI DARUSSALAM JOGOSATRU SUKODONO. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT116 Lailatul Maghfiroh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan prilaku hidup sehat dan bersih untuk siswa kelas I MI Darussalam Jogosatru. Secara khusus bertujuan untuk: (1)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Discovery Learning terhadap penerapan prilaku hidup sehat dan bersih (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak tentang Hidup Sehat dan Bersih (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Discovery Learning terhadap penerapan prilaku hidup sehat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak tentang Hidup Sehat dan Bersih di Kelas I MI Darussalam Jogosatru. Semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II dan III. Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Hidup sehat dan bersih pada siswa kelas I MI Darussalam Jogosatru Mengalami peningkatan melalui angket Pada siklus I yaitu jumlah skor yang didapat 502 dengan rata-rata 47,67 . pada siklus II, jumlah skor 766 dengan rata-rata 70,00. Dan Mengalami kenaikan 3% pada siklus III, diperoleh jumlah skor 836 dengan rata- rata 77,00 mengalami kenaikan 7% dan berada pada kriteria Tinggi. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi hidup sehat dan bersih setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas I MI Darussalam Jogosatru dari hasil siklus I hingga siklus III. Hal tersebut terjadi melalui perbaikan yang dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Persentase ketuntasan hasil belajar pada tahap siklus I adalah 74,96% pada siklus II menjadi 80,85% mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 83,85% dengan kriteria sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, LailatulUNSPECIFIED06050822512
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan perilaku hidup sehat dan bersih; akhlak terpuji; model pembelajaran discovery learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:46
Last Modified: 01 Feb 2025 10:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77222

Actions (login required)

View Item View Item